Ini Menurut Dokter Tentang Bayi Yang Di Beri Minum Kopi Agar Tak Kejang.

0

IPN Kes – Minuman kopi memang memiliki banyak manfaat bila diminum oleh orang dewasa. Namun, bisa berakibat buruk bahkan fatal jika diberikan pada bayi, yang konon katanya memberikan satu atau dua sendok kopi bisa mencegah kejang pada bayi apa terlebih bayi usia yang baru berusia 0-6 bulan.

Seperti dilansir Detik.com peneliti dari Ikatan Alumni Magister Kedokteran Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr dr Ray Wagiu Basrowi, MKK, menyatakan, bahwa perlunya ada pemahaman dari orangtua agar tak memberikan kopi pada bayi berusia 0-6 bulan.

“Itu sama-sama perlu kita edukasi ya, bahwa itu nggak boleh. Pertama makanannya itu hanya ASI ekslusif 0-6 bulan. Karna sistem pencernaannya itu belum bisa mencerna apapun. Ingat, kopi itu zat iritatif (bisa merusak) pada bayi. Terus dia kadang-kadang ditambahin dengan enzim-enzim (pelindung) yang mencerna sel-sel seperti ini belum diproduksi (di tubuh),” kata Dr Ray saat ditemui, pada Jumat (20/12/2019) dilansir Detik.com.

Ada beberapa dampak yang bisa terjadi akibat pemberian kopi pada bayi, bisa berbagai macam, bahkan yang paling buruk bisa menyebabkan kematian pada bayi.

“Macam-macam (dampaknya), pertama adalah Infeksi saluran pencernaan itu yang paling sering, kemudian nekrosis (cedera pada sel pencernaan) tuh yang paling sering, itu yang bikin tingkat kematian bayi di bawah 6 bulan tinggi pada zaman dulu,” pungkasnya. (Rks)

Leave A Reply

Your email address will not be published.