Pembangunan Lokasi Wisata Bambean Desa Sia Segera Dilanjutkan

0

KOTAMOBAGU- Pembangunan tempat wisata Bambean dyang berlokasi di Desa Sia, Kecamatan Kotamobagu Utara, segera dilanjutkan.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kebuadayaan dan Periwisata (Disbudpar) Kota Kotamobagu Anki Tauruna Mokoginta, Jumat 21 Juli 2023.

“Pembangunan tetap dilanjutkan, setelah terhenti karena pandemic Covid-19 beberpa waktu lalu,” ungkap Anki.

Namun kata Anki, pihaknya masih menunggu anggaran dari pemerintah desa untuk melanjutkan pembenahan tempat wisata tersebut.

“Kami tinggal menunggu dari pemerintah desa terkait kelanjutan pembenahan, karena tempat wisata ini diawali dengan Dana Desa pada tahun 2016 kemudian dari kita bantu untuk melengkapi beberapa fasilitas yang mereka butuhkan, mungkin pemerintah desa lagi mempersiapkan lewat APBDes,” ujarnya.

Menurutnya, sudah ada beberapa fasilitas penunjang yang telah dibangun di lokasi wisata bambean tersebut. seperti pembuatan jalan paving blok kemudian penerangannya.

“Untuk fasilitas penunjang lainnya sudah ada, tinggal Spot-spotnya akan disiapkan kembali karena sempat terhenti karena Pandemi Covid 19, terangnya

“Jadi tinggal perampungan kembali dengan istilah, perencanaan kembali yang akan dibuat dengan pemerintah desa yang baru karena pemkot sendiri tidak ada anggaran untuk pembangunan tempat wisata itu,” tambahnya

Sementara Kepala Desa Sia, Danly Sistrodikromo mengatakan pihaknya masih terus berkoordinasi dan bersosialisasi dengan masyarakat terkait kepemilikan lahan tempat wisata tersebut.

“Pemerintah desa masih terus berkoordinasi dengan pemilik lahan yang ada dan terus bersosialisasi tentang tempat wisata di bukit bambean,” ucap Sangadi Sia.

Ia pun mengatakan dalam segi anggaran memang saat ini terbatas, namun fasilitas yang sudah ada pihaknya mengakui bahwa terus melakukan pemeliharaan bangunan di tempat wisata tersebut.

“Dari segi penganggaran kami juga terbatas sekarang karena adanya Refocusing sehingga itu bukan dibiarkan tetapi terus dipelihara sampai sekarang apalagi ada bangunan milik dari Pemerintah daerah yaitu papan nama Bukit Bambean,” ujarnya. (al)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.