DPRD Kotamobagu Gelar Rapat Pemuktahiran Data Indeks Desa Membangun tahun 2023

0

KOTAMOBAGU- Dinas Pemeberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Kotamobagu menggelar rapat Pemuktahiran Data Indeks Desa Membangun tahun 2023, yang bertempat di ruang pertemuan DPMD, Kamis 13 April 2023.

Dalam kegiatan tersebut, di pimpin Kepala DPMD yang di Wakili Kabid Pemerintahan dan Desa Wiwie Sabunge dan ikuti perangkat desa di wilayah Kotamobagu.

Kabid Pemerintahan dan Desa Wiwie Sabunge di temui media ini usai kegiatan menjelaskan, terkait kegiatan ini merupakan rapat tahap ke dua untuk Pemuktahiran Data Indeks Desa membangun tahun 2023.

“Intruksinya walikota di tahun 2024 yakni Desa mandiri dan kami dari pihak DPMD lakukan Backup ke Desa-desa yang akan menjadi desa mandiri di tahun 2024. Jadi lewat rapat ini kami yang memfasilitasi pertemuan tetapi harus ada pendamping desa dan tenaga ahli yang khusus membackup pengimputan Indeks desa menengah untuk desa membangun tahun 2023,”ujarnya.

Wiwie mengatakan, jadi di lakukan lewat aplikasi operator IDM setiap desa yang mengimput ada beberapa indikator kurang lebih ribuan indikator terkait perkembangan status di desa itu yang di input lewat aplikasi dan di kirim ke kementrian desa sehingga dapat di ketahui di kotamobagu adakah yang sudah masuk kategori desa mandiri tahun 2024 atau belum layak.

“Ini merupakan rapat tahap ke dua dan saat rapat pertama masih rapat koordinasi serta hari ini pemaparan indikator yang terkait pengimputan pemutakhiran data IDM dan untuk rapat ketiga progres pengimputan data IDM jadi sejauh mana proses pengimputan hal itu yang di bahas hari ini. Dan untuk bulan Mei 2023 akan masuk ke rapat finalisasi untuk pengimputan jadi selang 1 bulan ini Desa-desa yang sudah berhasil di input agar dapat di sebarkan di grup agar koordinasi, konsultasi, mana yang belum lengkap atau sudah pastinya akan di bantu backup oleh tenaga ahli yang tergabung dalam grup terkait rapat ini, teknis pelaksanaan Desa mandiri belum ada informasi karena saat ini masih dalam proses penyusunan,” ungkapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.