RSUD Kotamobagu Buka Pelayanan CT Scan di Tahun 2023

0

KOTAMOBAGU- Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Kotamobagu untuk tahun 2023 ini membuka pelayanan CT scan hingga pasien cuci darah.

Bahkan, kebutuhan masyarakat akan transfusi darah pun difasilitasi dengan dibangunanya fasilitas Unit Transfusi Daerah (UTD) di RSU Kotamobagu.

Sehingga, pelayanan UTD ini sudah bertambah dari sebelumnya hanya di PMI Kotamobagu, kini sudah ada juga di RSU Kotamobagu.

Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Administrasi Umum, Ns Fernando M Mongkau SKep, Mkes, Rabu 18 Januari 2023.

“Untuk ruangan instalasi bedah sentral sudah bisa digunakan. Ada lima bed yang kita siapkan. Sehingga, pelayanan bedah seperti obgyn, bedah umum, bedah THT, hingga bedah mata bisa dilaksanakan. Begitu juga dengan pelayanan Radiologi yakni CT Scan. Kita sudah mempunyai alat CT scan ini,” ungkap Fernando.

“Ada juga pelayanan Unit Transfusi Daerah. Kalau dulu hanya ada di PMI Kotmaobagu di Mongkonai, saat ini di RSU Kotamobagu sudah bisa melakukan transfusi atau donor darah, dan kita memiliki tempat penyimpannannya. Selain itu, untuk sarana dan prasarana layanan hemodialisa saat ini sudah kita persiapkan, dan rencananya pada bulan Maret pelayanan hemodialisa atau dikenal masyarakat cuci darah bisa dilayani di RSU Kotamobagu,” sambung Fernando.

Peningkatan pelayanan dan penambahan jenis layanan ini tidak lepas dari upaya Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Bolmong Raya khususnya. Pasalnya, seperti layanan hemodialisa, atau cuci darah ini banyak pasien harus ke Manado untuk mendapat pelayanan.

READ “Over Target” di RPJMD, Dinas PPPA Kotamobagu Raih DAK Rp600 juta
“Dari data yang kita dapat di Rumah Sakit Prof Kandouw, paling banyak pasien hemodialisa dari Bolmong Raya. Melihat hal ini, Walikota Kotamobagu membijaki untuk mengadakan pelayanan hemodialisa di RSU Kotamobagu, dan ini akan kita buka pada bulan Maret mendatang,” tutur Fernando.

Fernando pun menghimbau, khusus masyarakat yang ingin donor darah untuk datang RSU Kotamobagu. Hal ini demi gotong royong dengan masyarakat atau pasien yang membutuhkan transfusi darah.

“Silahkan datang, dan kami akan melayani transfusi atau donor darah yang nantinya akan digunakan bagi pasien yang membutuhkan transfusi darah,” pungkas Fernando.

Leave A Reply

Your email address will not be published.