Sofyan: Pertumbuhan Ekonomi di Kotamobagu Melampaui Target

0

KOTAMOBAGU- Sekda Kotamobagu, Sofyan Mokoginta mengatakan pertumbuhan investasi di Kotamobagu tahun ini melebihi target. Dari target 80 milar, kini nilai investasi sudah menyentuh 271 miliar.

“Ini luar biasa karena ada kenaikan sekitar lebih dari 300 persen. Hal ini tentunya membuktikan kegiatan berusaha di Kotamobagu berkembang baik dan tentunya tidak lepas juga dari peran para pelaku usaha di sektor perdagangan dan jasa yang memberikan kontribusi besar bagi daerah sehingga memberikan trend positif bagi kemajuan Kota Kotamobagu ”

Lebih lanjut kata Sofyan, terus berusaha melakukan berbagai program dalam rangka peningkatan investasi melalui dukungan peningkatan pelayanan yang terus dibenahi. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian publik tentang pelayan yang dilakukan KemenPAN-RB dan Ombudsman. Salah satunya, penerapan pelayanan berupa sistem perizinan berbasis online. OSS ini upaya lebih cepat untuk mengurus Izin secara online.

“Dalam rangka mempercepat pelayanan di Kantor Dinas PM-PTSP juga sudah ada perwakilan lintas perangkat daerah terkait dengan rekomendasi teknis sebagai syarat pengurusan izin. Baik Dinas PUPR, Kesehatan, Disdukcapil hingga pihak Perbankan. Jadi pelaku usaha tidak repot lagi dalam mengurus NIB karena sudah di satu tempat ”

Di sisi lain, kepada para pelaku usaha peserta sosialisasi, Sofyan pun berpesan untuk mengikuti kegiatan dengan baik. Karena ada berbagai kemudahan yang akan diperoleh dengan mengantongi NIB.

“Keuntungan mengurus izin usaha atau NIB lewat OSS berbasis resiko, tentu ada kekuatan hukum, artinya terdaftar di pemerintah yakni ke BKPM Pusat. Selain itu akan lebih mudah lebih mudah mendapatkan akses permodalan di bank serta jika pelaku usaha khsusunya UMKM mengantongi NIB bisa mengikuti tender pengadaan barang dan jasa yang diselenggarakan pemerintah dan terpenting dengan mengantongi NIB akan meningkatkan kredibilitas selaku pelaku usaha, artinya akan lebih dipercaya konsumen,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas PMPTSP Kotamobagu, Moh Aljufri Ngandu berharap para pelaku usaha dikotamobagu dapat mengurus NIB secara mandiri.

“Karena hanya modal KTP, NPWP yang aktif dan masuk diAplikasi OSS izin bisa terbit dengan sendirinya serta resiko rendah untuk UMKM,” katanya

Leave A Reply

Your email address will not be published.