Hadir di Pelantikan Panwascam Boltim, Bupati Sachrul Beri Wajangan Kepada Para Anggota

0

KOTAMOBAGU- Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul menghadiri pelantikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Boltim, Jumat, 28 Oktober 2022 di Balroom Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Dalam kesempatan tersebut, Sachrul yang juga pernah menjadi penyelaanggara Pemilihan Umum (Pemilu) turut memberikan wejangan atau dan pesan-pesan kepada seluruh anggota Panwascam Boltim yang dilantik.

“Saya memberi motivasi bukan karena saya sebagai Bupati, tapi karena saya mantan penyelenggara. Kenapa pengawasan harus bisa berjalan dengan baik karena ada keuangan negara yang dipakai dalam setiap tahapan penyelenggaraan. Kalian harus bisa membangun network dan membangun komunikasi,” ujar Sachrul yang juga bmantan ketua KPU Bolmong sekaligus Boltim dan Bolsel ini.

Sachrul mengatakan bahwa Panwascam bukan sekadar mengawasi, lebih dari itu harus bisa melakukan pemetaan potensi masalah di lapangan ketika penyelenggaraan tahapan berlangsung dan dilaporkan sehingga tugas Bawaslu terbantu.

“Tugas Panwascam tidak hanya mengawasi Pemilu. Namun harus bisa mengeluarkan kemampuan dan kecerdasannya untuk memetakan potensi-potensi konflik pelaksanaan jalannya tahapan. Jadi kalian membantu tugas Bawaslu untuk melakukan pemetaan,” lanjut Sachrul.

Sachrul menambahkan bahwa Panwascam juga harus mengajarkan kepada masyarakat tentang pelaksanaan tahapan pemilihan agar ada pemahaman. Harus menjaga integritas, jujur dan bisa menjaga etika saat melakasanakan tugas. Jangan kemudian karena era digital, saat mendapat persoalan di lapangan langsung diumbar di medsos. Tapi buatlah laporan ke atasan untuk ditindaklanjuti.

“Karena hari ini juga berkaitan dengan sumpah pemuda, maka sebagai pemuda kalian harus bisa, bahwa jadi panwas karena kemampuan dan skill yang dimiliki. Sehingga tunjukan kecerdasan kalian, apalagi saat melaksanakan tugas di lapangan. Apabila menghadapi masalah, dokumentasikan saja sebagai laporan pelanggaran. Jangan kemudian berhadapan, jika hal itu akan mengancam keselamatan saat bertugas,” sambungnya.

Sachrul diakhir penyampaiannya mengatakan bahwa penyelenggaraan Pemilu dijamin oleh pemerintah agar tahapannya terlaksana dengan baik sampai selesai, sehingga Panwas bisa fokus bekerja.

“Pemerintah harus menjamin keterlaksanaan penyelenggaraan sampai selesai, terutama adalah soal ketersediaan anggaran pelaksaanaan tahapan,” pungkasnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.