Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Kota Kotamobagu Berlangsung Khidmat

0

KOTAMOBAGU– Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 yang jatuh setiap 28 Oktober di Kota Kotamobagu berlangsung Khidmat.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan  yang dilaksanakan di di Lapangan Olahraga Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan kotamobagu Selatan, Jumat 28 Oktober 2022.

Dalam kesempatan itu, Wawali membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju Kemerdekaan. peran pemuda dalam mempelopori membangun Visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan – pergerakannya telah mengantarkan kepada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang            masa,” ujarnya.

Dikatakannya lagi bahwa, Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022 adalah “Bersatu Bangun Bangsa”.

Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Olahraga Kelurahan Motoboi Kecil tersebut, juga dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Kotamobagu, Sekretaris Daerah Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, SH, para Asisten, Pimpinan OPD dan ASN dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu. (ADV)

Leave A Reply

Your email address will not be published.