Disdik Gelar Lomba Tutur Cerita Rakyat Tingka SD dan Madrasa Ibtidaiyah se BMR

0

KOTAMOBAGU- Dinas Pendidikan (DIsdik) Kota kotamobagu sukses menggelar lomba Tutur Cerita Rakyat tingkat sekolah dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah se Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang dilaksanakan di Aula Gedung SKB Kelurahan Gogagoman, Rabu (15/9/2021).

Turut hadiri Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu Rukmi Simbala Spd Map, perwakilan Balai Pelestarian Nilai Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Drs Apolos Marisan Sos, pada guru dan orang tua murid yang mengikuti lomba.

Kepala Dikdis Kotamobagu Rukmi Simbala Spd menjelaskan, pihaknya sangat berterima kasih kepada teman-teman guru sudah menampingi siswa-siswi yang mengikuti lomba tutur cerita yang di selenggarakan hari ini.

“Jumlah siswa yang mengikuti lomba yakni 32 orang. Siswa yang paling banyak mengikuti event kali ini dari wilayah Kotamobagu, Bolmut 2 siswa, Bolsel 2 siswa, Boltim 2 orang, ” jelasnya.

Rukmi menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa-siswi, mengenalkan budaya melalui cerita rakyat, meningkatkan literasi sekolah.

“Adapun dewan juri untuk menilai para siswa tampil dalam kegiatan kali ini antara lain, Drs H Hamri Manoppo Mpd, Sulbianti Ariyanti Spd, Rastono Sumardi Spd MM. Tentunya ketiga juri ini sudah sangat berpengalaman dalam kegiatan yang dilombakan dan lebih objektif dalam penilaian,” terangnya.

Lanjutnya, setelah dilakukan lomba hasil akhir pun sudah diketahui yakni para pemenang antara lain, untuk Juara 1 diraih siswa dari kabupaten Bolsel Fayqah Nazifah Qaira Dongkilat utusan SDN 1 Moloibagu, Juara ke 2 diraih oleh Al Queenzha Aira Makalungsenge utusan SDN 1 Kotamobagu, Juara ke 3 diraih Aurelya Letisya Moningka utusan SDN Bangunan Wuwuk.

“Ketiga siswa pemenang lomba mendapatkan thropy dan uang pembinaan, juara 1 Rp2 juta, juara dua Rp1,5 juta, juara 3 Rp1juta. Dengan dilaksanakan lomba ini semoga bisa berlanjut lagi di tahun-tahun yang ada datang dan minat baca pun semakin bertambah. Kegiatan berjalan dengan baik, tetap mengikuti aturan pemerintah terkait protokol kesehatan,” pungkasnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.