Boltim

Bupati Boltim Hadiri Kegiatan Meeting Kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara

0

BOLTIM- Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, menghadiri kegiatan Regional Meeting Kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara dirangkaikan dengan Inovasi Expo tahun 2021 yang digelar di TC Damhil Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Sabtu 12 Juni 2021.

Kegiatan diawali dengan pembacaan Deklarasi Teluk Tomini oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti deklarasi oleh seluruh pimpinan daerah yang berada di kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara termasuk Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka mengembangkan Teluk Tomini menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berbasis perdesaan.

“Teluk Tomini tepat berada di jantung segitiga karang dunia atau heart of the coral triangle, serta tepat juga berada di garis khatulistiwa, karenanya, Teluk Tomini memiliki peran penting bukan hanya bagi Indonesia tapi juga bagi Dunia,” ujar Menteri Abdul Halim Iskandar.

Dia berharap, kegiatan yang dihadiri oleh kepala-kepala daerah di Gorontalo itu menjadi bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional serta pencapaian Tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Untuk itulah, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan berkenan menjalin kerjasama, bersinergi dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Berbasis Perdesaan di Teluk Tomini ini,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto dalam kesempatan ini, mengaku sangat bersyukur sekaligus menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan. “Momentum ini bisa menjadi langkah awal yang baik dalam rangka pengembangan kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara,” ujar Sachrul.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid dan Lestari Moerdijat, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna.

Sementara itu, hadir secara virtual Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggon, Plh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Sri Purwaningsih, Staf Ahli Bidang Pengembangan Sektor Inovasi Prioritas Kementerian Investasi, Aries Indranarto serta Plt Direktur Regional II Bapenas, Mohammad Roudo (**)

Leave A Reply

Your email address will not be published.