PT ASA Beri Pelatihan Komputer Bagi Pemuda dan Pemudi di Lingkar Tambang Kecamatan Kotabunan

0

BOLTIM- PT Arafura Surya Alam (PT ASA), salah satu perusahaan tambang nasional yang beroperasi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Provinsi Sulawesi Utara, menggelar pelatihan komputer bagi pemuda-pemudi yang berada di desa lingkar tambang, Senin, 10 Mei 2021 yang dilaksanakan di ruang pertemuan Kecamatan Kotabunan.

Marta Agung selaku Tim PPM PT ASA mengatakan, pelatihan tersebut merupakan Program Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarkat (PPM) bidang Pendidikan. Dimana dalam pelaksanaanya, PT ASA bekerja sama dengan lembaga pelatihan komputer “Global Language and Training Center” Cabang Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang berada di Kotabunan.

“Pelatihan komputer ini diikuti oleh 36 peserta, dimana setiap desa lingkar tambang mengirimkan perwakilan sebanyak 4 orang. Pemilihan peserta pelatihan sepenuhnya diserahkan oleh sangadi masing-masing desa.” ungkap Marta Agung ketika ditemui di lokasi acara pembukaan.

Senada juga disampaikan oleh Andreas salah satu perwakilan PT ASA, dimana Ia mengatakan jika pelatihan ini merupakan bentuk kewajiban dari perusahaan untuk meningkatkan kemampuan mengoperasionalkan komputer bagi generasi muda di wilayah lingkar tambang perusahaan.

Andreas juga mengingatkan kepada para peserta, bahwa dalam pelatihan ini ada syarat dan ketentuan yang wajib dipatuhi oleh para peserta salah satunya adalah kehadiran peserta.

“Kami akan terus melakukan pengawasan dalam proses pelatihan ini termasuk kehadiran peserta, saya berharap 36 orang peserta yang saat ini telah terdaftar adalah orang yang sama hingga kegiatan pelatihan selesai. Apabila tidak hadir dua kali berturut-turut tanpa keterangan maka peserta tersebut akan dikeluarkan dari kepesertaan pelatihan, oleh karenanya dituntut keseriusan peserta dalam pelatihan ini,” jelasnya

Andreas juga mengatakan bahwa, di tengah kondisi pendemi COVID-19 yang masih berlangsung PT ASA berusaha untuk tetap secara konsisten melaksanakan beberapa kegiatan PPM yang memiliki manfaat untuk kepentingan masyarakat lingkar tambang.

Sementara itu, Camat Kotabunan Ahmad Alheid, yang membuka acara tersebut dalam sambutannya berharap agar peserta yang telah mengikuti pelatihan dapat meningkatkan sumber daya generasi muda khususnya dalam  mengoperasionalkan computer.

“Kalian saat ini beruntung sekali dimana dalam pelajaran langsung dihadapkan dengan wujud nyata dari bentuk komputer beserta program-programnya, sementara ada di belahan dunia lain dimana gurunya memperkenalkan komputer pada para muridnya hanya dengan menggambar bentuk komputer, oleh karenanya saya meminta kepada semua peserta dapat sungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan terlebih pelatihan ini semuanya telah difasilitasi oleh PT ASA” Kata Camat yang merupakan lulusan IAIN Manado. (***)

Leave A Reply

Your email address will not be published.