Nanas Mongkonai Masih Jadi Komoditas Andalan Petani

0

KOTAMOBAGU– Buah Nanas masih menjadi Komoditi andalan bagi sebagian petani yang ada di Kota Kotamobagu, khususnya di Kelurahan Mongkonai. Pasalnya, dari penanaman hingga pemasarannya, komoditi ini mempunyai prospek yang cukup menguntungkan. 

Salah satu petani nanas mengungkapkan, hasil nanas yang dipanen oleh para petani langsung mendapatkan pembeli baik dari dalam maupun dari luar daerah. “Biasanya sudah ada yang memesan sebelum dipanen, mereka akan menjual langsung ke Manado atau daerah lain,” ungkap Wali Potabuga, petani asal Kelurahan Mongkonai Barat, Kecamatan Kotamobagu Barat, Selasa (09/02/2021).

Meski harganya masih dibawah, namun kata Dia para petani masih bisa mendapatkan keuntungan yang lebih. “Harganya tidak jauh berbeda. Namun bisa naik apalagi ini menjelang bulan puasa,” ujarnya

Untuk menunjang para petani nanas, Pemerintah Kota melalui Dinas Perikanan, Pertanian dan Peternakan (Dispertanak), memberikan bantuan mesin pengolahan nanas. Bantuan tersebut merupakan kerjasama antara Pemkot Kotamobagu dan pihak Bank Indonesia (BI).

“Ada Tiga kelompok tani Nenas Kotamobagu yang akan kami nerikan bantuan, yakni Kelompok Nomontang, Amaliotung dan Maju Bersama. Itu dalam waktu dekat akan kami serahkan,” Kata Kepala Bidang Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Ramjan Mokoginta.

Namun, sayangnya masin tersebut belum bisa dimanfaatkan lantaran terkendala fasilitas bangunan. Sehingga petani masih menjual hasil produksi nanas tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.