Pasar Kuliner Digenjot, Aray: Tiga Pos Dongkrak PAD Kotamobagu

0

KOTAMOBAGU– Pemerintah Kota melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) terus menggenjot pembangunan pasar kuliner yang terletak di eks RSUD Datoe Binangkan, Kelurahan Kotamobagu, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Menurut Kadis DisdagkopUKM Herman J Aray SIP, pbangunan pasar tersebut dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) katika beroperasi.

“Nanti ketika pasar kuliner ini mulai beroperasi, setidaknya ada 3 pos PAD yang bisa didapat, yakni dari Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan dan juga Dinas Lingkungan Hidup (DLH),” ungkap Aray.

Untuk Dinas Perdagangan sendiri, Aray mengatakan PAD yang masuk adalah biaya retribusi lapak, sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda).

“Untuk biaya retribusi lapak sebagai Perda adalah Rp5 ribu setiap hari. Nah, untuk PAD Dinas Perhubungan adalah parkiran, serta PAD dari Dinas Lingkungan Hidup sendiri adalah biaya retribusi kebersihan untuk pedagang,” jelasnya.

Aray menyebut, pasar kuliner tersebut akan dimaksimalkan oleh Pemerintah Kota Kotamobagu, dengan sejumlah fasilitas yang ada dalam pasar tersebut.

“Prinsipnya adalah pedagang cukup berjualan saja, untuk pengaturan parkir, dan kebersihan itu ada Perda yang mengatur untuk penarikan retribusinya,” tuturnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.