Desa Bilalang Penghasil Kopi Terbanyak di Kotamobagu

0

KOTAMOBAGU– Desa Bilalang 1 dan 2 Kecamatan Kotamobagu Utara masih menjadi produsen terbesar  kopi di Kotamobagu, rata-rata mencapai 26 ton per tahun dengan luas lahan yang dikelolah sebesar 20 hektare.

“Untuk bilalang 1 dan 2 masing- masing produksi mrncapai 13 ton per tahun dan luas lahan masing-masing 10 hektar. Petani kopi disitu bahkan sudah mulai mengolah kopi sendiri menjadi produk yang sudah mempunyai pasar yang luas,” ungkap Kepala Bidang (kabid) Perkebunan, Tanaman pangan dan Holtikultura Ramjan Mokoginta, Jum’at (28/08/2020).

Ia mengatakan, produksi Kopi di Kotamobagu baru menjacapai 49,32 ton per tahun dengan luas lahan yang dikelolah sebesar 144,75 Hektar.

“Yang paling besar produksi itu ada di kecamatan kotamobagu utara yaitu mencapai 40,17 ton per tahun dengan luas 32,75 ha,” ungkap ramjan

Lanjut ramjan, sedangkan untuk produksi kopi di wilayah Kecamatan Kotamobagu Selatan mencapai kopi 3.45 ton per tahun dengan luas 113 hektar yang dikelolah. Sedangkan untuk Kotamobagu timur masih mencapai 3,9 ton per tahun dengan lusa lahan 3 hektar.

“Kemudian produksi kopi yang paling sedikit berada di kecamatan kotamobagu barat, hanya mencapai `1,8 ton dengan luas 6 hektar lahan. Itu karena budidaya tanaman kopi di kotamobagu masih kurang,” pungkasnya

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.