Boltim

Perubahan Iklim, Warga Kotamobagu Diminta Tak Buang Sampah di Sungai

0

KOTAMOBAGU– Perubahan iklim yang terjadi wilayah Kota Kotamobagu dan sekitarnya mengakibatkan intensitas curah hujan tinggi. Hal itu tentu dapat memicu terjadinya banjir. Untuk itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengimbau warga baik yang tinggal di bantaran sungai tetap waspada dan tidak membuang sampah sembarangan di DAS guna mengantisipasi terjadinya banjir.

Menurut Kepala DLH, Bambang Ginoga, selain menyebabkan banjir sampah juga bisa mencemari lingkungan. “Sampah yang dibuang kesungai dapat menghambat aliran sungai yang mengakibarkan luapan air yang kemudian merembes ke pemukiman warga. Sehingga mohon sampah dibuang pada tempatnya, sesuai dengan jam buang sampah yakni jam 6 petang sampai jam 6 pagi, dan nanti petugas yang akan datang mengangkut sampah,” ujar Bambang, Selasa (04/08/2020).

Dirinya juga meminta dan mengingatkan kepada masyarakat terutama kepada orang tua untuk selalu mengawasi anak-anak agar tidak bermain di bantaran sungai.

“Sebab akan sangat berbahaya, lantaran air sungai bisa saja tiba-tiba naik, seperti kejadian beberapa waktu lalu, anak terseret air di saluran air. Kemudian bagi warga yang tinggal di daerah rawan longsor juga harus waspada,” imbaunya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.