Peringati Hari Pelanggan Nasional, PLN Tegaskan Komitmen Melayani Pelanggan Dengan Sepenuh Hati

0

MANADO – PT PLN (Persero) menegaskan komitmennya dalam melistriki seluruh masyarakat di Indonesia dengan terus meningkatkan infrastruktur kelistrikan dan terus berinovasi untuk menghadirkan layanan terbaik.

Dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN) yang jatuh pada Hari Rabu 4 September 2024, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo, Atmoko Basuki beserta jajarannya mengunjungi beberapa pelanggan prioritas yang ada di Kota Manado, Rabu (4/9).

Adapun agenda kunjungan pelanggan dalam rangka HPN ini berfokus pada pelanggan prioritas PLN, yaitu Manado Town Square dan Dewan Perwakilan Daerah Real Estate Indonesia (REI) Sulut, serta mengunjungi kantor Unit Layanan Pelanggan Manado Selatan untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui secara langsung apa yang dirasakan oleh pelanggan setelah menikmati layanan kelistrikan dari PLN, mendengarkan aspirasi, serta menerima saran dari pelanggan sebagai dasar peningkatan pelayanan kelistrikan kedepan.

“Hari Pelanggan Nasional ini merupakan momentum untuk melakukan intimasi kepada pelanggan agar kebutuhan dan aspirasi pelanggan dapat dipahami, memberikan solusi dan dapat mensukseskan bisnisnya,” ujar Atmoko.

“Kami akan terus berinovasi menyiapkan ekosistem kelistrikan dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, karena senyum pelanggan adalah energi bagi kami,” tambah Atmoko.

Ketua DPD REI Sulut, Sonny Mandagi menyampaikan apresiasi kepada PLN yang telah menjadi mitra utama dalam pengembangan bisnis real estate di Sulawesi Utara. PLN juga telah melaksanakan tugas melistriki perumahan-perumahan dengan baik. REI Sulut berharap PLN dapat terus meningkatkan keandalannya dalam memasok listrik sehingga semua program dapat terlaksana dengan baik.

“Dalam beberapa tahun terakhir perkembangan properti di Sulawesi Utara semakin pesat, untuk itu kami membutuhkan PLN mulai dari tahap perencanaan sampai tahap pembangunan dan tahap pengembangan bisnis, PLN sudah sebagai mitra utama kami dalam hal penyediaan listrik,” ungkap Sonny.

Direktur Operasional Manado Town Square, Rudini Putra Wijaya mengungkapkan rasa bangga dan senang atas kerjasama yang telah terjalin bersama PLN selama ini. Koordinasi dan sinergitas yang baik dengan PLN menjadi kunci menyelesaikan urusan kelistrikan disalah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Manado ini.

“Sejauh ini apabila ada hal-hal yang perlu kami koordinasi, dari pihak PLN dapat dengan cepat memberikan solusi bagi kami, sehingga semua kendala yang kami alami dapat dengan cepat terselesaikan. Terima kasih untuk kerjasama ini, semoga PLN semakin jaya,” ungkap Rudini.

Lidya Taidi (37) salah satu pelanggan yang berkunjung di Unit Layanan Pelanggan Manado Selatan untuk berkoordinasi terkait layanan pasang baru menyampaikan hal senada, dimana saat ini PLN telah banyak berubah dari sisi pelayanan kepada masyarakat. Dengan pelayanan yang lebih cepat dan optimal, membuat pelanggan merasa senang. “Semoga PLN semakin maju dan sukses,” kata Lidya.

Atmoko Basuki, menjelaskan bahwa perseroan terus mengoptimalkan layanan kelistrikan. Saat ini dengan total daya mampu 892,36 MW dengan surplus daya sebesar 118 MW, PLN memastikan mampu memasok listrik kepada seluruh pelanggan, dan membuka peluang untuk kepada calon pelanggan yang ingin menikmati listrik dari PLN.

“PLN sebagai perusahaan pelayanan, di mana komoditi listrik sangat dibutuhkan seluruh lapisan masyarakat. Komitmen kami memastikan pasokan listrik tersedia kepada seluruh konsumen dengan kapasitas dan daya yang memadai,” ungkap Atmoko.

Atmoko juga menjelaskan selain daya yang cukup, PLN juga memastikan pelayanan kepada pelanggan terus dimaksimalkan. Saat ini, PLN UID Suluttenggo melayani 59.491 pelanggan tarif sosial, 2.012.140 pelanggan tarif rumah tangga, 69.555 pelanggan tarif bisnis, 1.217 pelanggan tarif industri, dan 17.331 pelanggan tarif pemerintah.

Pelayanan Prima Kepada Pelanggan

PLN juga memastikan kesiapan melayani masyarakat 24 jam. Lewat PLN Mobile, masyarakat kini tak sulit untuk mendapatkan layanan PLN secara cepat dan mudah. Berbagai layanan seperti penyambungan baru, penambahan daya, pengaduan, pembayaran tagihan dan pembelian token listrik, catat meter secara mandiri dapat dilakukan hanya melalui telepon genggam.

“Pelanggan tidak perlu repot-repot mendatangi kantor PLN untuk mendapatkan layanan PLN. Kami membuat sistem yang terintegrasi dan langsung direspons cepat oleh PLN, serta prosesnya termonitor secara real time,” ungkap Revanny Yudhistira, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan.

Selain layanan kelistrikan, PLN Mobile juga memiliki fitur layanan internet, Electric Vehicle untuk pengguna kendaraan listrik, ListriQu untuk perbaikan instalasi dalam rumah dan juga marketplace yang bisa diakses oleh masyarakat.

“Bagi pelanggan yang ingin menikmati seluruh fitur PLN Mobile, dapat mengunduhnya melalui Google Play Store pada perangkat Android atau melalui AppStore pada perangkat Ios” tutup Yudhistira. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.