Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Sambut Baik Pelaksanaan Musrenbang RPJPD 2025-2045

0

BENGKULU SELATAN – Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Barli Halim, S.H., menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Bengkulu Selatan tahun 2025-2045. Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, SE., MM, di Gedung Pola Bappeda Litbang, Rabu (03/04/2024).

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda, perwakilan Pemerintah Provinsi Bengkulu Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Bengkulu Drs Khairil Anwar, MSi, Sekda Bengkulu Selatan, Sukarni SP MSi, Kepala OPD, Camat, Apdesi, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, SE., MM, menyampaikan bahwa RPJPD ini menjadi dokumen acuan pemerintah untuk periode 20 tahun kedepan. Sekaligus dalam rangka upaya menciptakan konsistensi antara kebijakan dengan pelaksanaan serta hasil rencana pembangunan daerah. Gusnan juga menyampaikan RPJPD sendiri memiliki visi pembangunan sesuai dengan rumusan RPJPD Bengkulu Selatan yaitu, Bengkulu Selatan Maju, Mandiri dan Berkelanjutan.

“Adapun 5 misi pembangunan yaitu mewujudkan SDM yang berkualitas, mewujudkan perekonomian yang inklusif berkelanjutan melalui ekonomi kreatif, tata kelola pemerintahan yang adaptif menyesuaikan segala kondisi transparan dan akuntabel. Kemudian sosial kebudayaan dan ekologi agar terus terpelihara dan ditingkatkan hingga kancah nasional. Dan yang terakhir fokus RPJPD adalah pembangunan infrastruktur,” jelasnya.

Lebih lanjut, Barli Halim, S.H., selaku Ketua DPRD Bengkulu Selatan, dalam sambutannya menyampaikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Musrenbang RPJPD ini. Ia mengatakan bahwa RPJPD merupakan dokumen penting yang akan menjadi acuan pembangunan daerah selama 20 tahun kedepan. Oleh karena itu, penting untuk melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam penyusunannya.

“Musrenbang ini merupakan wadah yang tepat untuk menjaring aspirasi dan masukan dari seluruh pemangku kepentingan. Saya berharap partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat dalam Musrenbang ini sehingga menghasilkan RPJPD yang berkualitas dan dapat membawa kemajuan bagi Bengkulu Selatan,” ujar Barli Halim.

Ia juga menghimbau agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pemangku kepentingan lainnya untuk bersinergi dalam mensukseskan pelaksanaan RPJPD ini.

“RPJPD ini bukan hanya milik pemerintah, tetapi milik kita semua. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama mendukung dan mensukseskan pelaksanaan RPJPD ini demi kemajuan Bengkulu Selatan,” pungkasnya.

Diharapkan dengan terlaksananya Musrenbang RPJPD ini, dapat menghasilkan dokumen perencanaan pembangunan daerah yang berkualitas dan dapat membawa kemajuan bagi Bengkulu Selatan di masa depan. (thor/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.