DPRD Kota Manado Gelar RDP dengan DLH, Bahas Sejumlah Isu Krusial

0

MANADO, DPRD – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado, Senin 18 Maret 2024.

Dalam RDP terungkap sejumlah program yang telah dan belum terealisasi dari tahun 2023 hingga awal 2024.

RDP yang dipimpin oleh Ketua Komisi III, Jonas Makawata, bersama Sekretaris Komisi Royke Anter dan anggota Frederik Tangkau serta Mona Kloer, menyoroti beberapa isu krusial terkait lingkungan hidup di kota tersebut.

Salah satu permasalahan yang dibahas adalah penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh armada motor dan truk pengangkut sampah yang menjadi keluhan para sopir.

Komisi III menekankan pentingnya penanganan masalah ini untuk menjaga kualitas lingkungan.

Tidak hanya itu, dalam rapat tersebut juga disoroti pentingnya penebangan pohon di jalan utama.

“Setiap harinya ada 30 permintaan penebangan pohon dari masyarakat, sehingga meminta DLH Manado untuk memprioritaskan hal ini demi keselamatan dan kenyamanan publik,” ucap Jonas Makawata.

Selain itu, Komisi III juga meminta kepada DLH agar mengusulkan tenaga honorer yang bekerja di dinas tersebut untuk diangkat menjadi tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), sesuai mekanisme dan prosedur yang berlaku.

“Tentu juga harus diperhatikan aspirasi dari para buruh sampah terkait upah,” tambah Royke Anter.

Tindak lanjut penebangan pohon di Kelurahan Sario, oleh DLH Kota Manado. (foto/Ist)

Menyikapi permintaan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Manado, Supriatna, menyatakan komitmennya untuk melaksanakan rekomendasi yang diberikan dalam RDP tersebut. (ADV)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.