RSUD Kotamobagu Ikuti Bimtek Implementasi Aplikasi FORSA BLUD

0

KOTAMOBAGU- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu terus melakukan pembenahan di berbagai sektor sebagai komitmen peningkatan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Selain infrastruktur bangunan serta berbagai sarana prasarana penunjang, peningkatan sumber daya manusia (SDM) juga tidak luput dari perhatian management RSUD Kotamobagu.

Hal ini tercermin dari kegiatan pembekalan SDM yang dikemas dalam bimbingan teknis atau Bimtek Implementasi Aplikasi Transformasi Sistem Akuntansi Badan Layanan Umum Daerah atau FORSA BLUD.

Plt Kepala Dinas Kesehatan yang juga Kepala Bagian Administrasi Umum RSUD Kotamobagu, Ns Fernando M. Mongkau S.Kep M.Kes, mengatakan, pelaksanaan bimtek FORSA BLUD merupakan kegiatan hasil kerjasama RSUD Kotamobagu dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Sulawesi Utara.

“Aplikasi FORSA BLUD ini merupakan aplikasi yang dibuat BPKP, jadi bimtek ini dilaksanakan oleh BPKP perwakilan Sulawesi Utara,” ujar Fernando kepada liputanbmr.com, saat dihubungi Selasa (8/8).

Menurut Nando sapaan akrabnya, penggunaan aplikasi FORSA BLUD sangat membantu RSUD Kotamobagu dalam urusan pengelolaan sistem keuangan, dimana RSUD Kotamobagu sendiri sudah mengelola keuangan secara mandiri.

“Jadi pengelolaan keuangan pada aplikasi FORSA BLUD sudah menggunakan sistem yang langsung terintegrasi dengan BPKP, sehingga lebih transparan dan tentunya lebih mudah untuk pelaporan realisasi keuangan karena dibawah pengawasan BPKP,” terangnya.

Lebih lanjut Nando pun menyebutkan, RSUD Kotamobagu merupakan 2 dari rumah sakit se Sulawesi Utara yang telah mengimplementasikan aplikasi FORSA BLUD dalam pengelolaan keuangan.

“Di Sulawesi Utara baru dua rumah sakit yang sudah menerapkan FORSA BLUD, yakni Rumah Sakit Walanda Maramis Manado dan RSUD Kotamobagu sendiri,” sebutnya.

Adapun peserta dalam bimtek kali ini tambahnya, merupakan SDM RSUD Kotamobagu. Mulai dari bagian perencanaan keuangan hingga Pejabat Teknis Pelaksana Kegiatan atau PPTK.

“Pelaksanaannya mulai hari ini hingga Kamis 10 Agustus. Selesai pelaksanaan bimtek akan dilanjutkan dengan lauching dan rencananya dilaksanakan pekan depan bersama Pemkot Kotamobagu dan tentunya BPKP perwakilan Sulut,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.