Sachrul Panggil PT ASA, Minta Jaminan Keamanan dan Keselamatan Masyarakat Lingkar Tambang di Kotabunan Kabupaten Boltim

0

KOTAMOBAGU- Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., M.Si memanggil pihak PT Arafura Surya Alam (ASA) guna meminta jaminan keamanan, kenyamanan dan keselamatan masyarakat lingkar tambang yang berada di wilayah Desa Kotabunan bersatu dan Bulawan bersatu, Senin 17 Juli 2023.

Pasalnya, sejak 30 tahun lalu, meski diguyur hujan lebat, Desa Kotabunan dan Bulawan bersatu tidak pernah mengalami banjir. Namun, pasca PT ASA mulai beroperasi kurang lebih 6 bulanan ini, sebagian desa di Kotabunan dan Bulawan terendam banjir hingga setinggi pinggul orang dewasa.

Sachrul Mamonto menegaskan agar pihak PT ASA segera bertindak melakukan mitigasi bencana.Soal itu, Bupati Boltim memberikan dua pilihan kepada pihak PT ASA.

“Pihak perusahaan mempunyai kewajiban memitigasi bencana. Pertama, kalau PT ASA bisa segera melakukan (mitigasi bencana) maka bisa terus bekerja, namun kedua, kalau tidak bisa segera, maka terpaksa saya harus menghentikan kegiatan perusahaan kalian saat ini juga,” tegas bupati di hadapan sejumlah penanggungjawab PT ASA yang hadir.

Pertemuan antara Pemkab Boltim dan PT ASA di Rumah Rakyat Boltim sore tadi sedikit alot. Pasalnya, Bupati Boltim yang di dampingi para Asisten, Kepala PUPR dan Camat Kotabunan menekankan jaminan untuk masyarakat Kotabunan dan Bulawan bersatu.

“Sebagai kepala daerah saya tidak bisa tidur kalau terjadi hujan lebat karena mengingat masyarakat saya. Penggundulan hutan menjadi penyumbang air sungai bisa meluap, sehingga kita harus memitigasi resiko-resiko yang akan terjadi,” ujar bupati.

“Fokus saya adalah, bagaimana pihak perusahaan memberikan jaminan kepada saya bahwa tidak adalagi banjir di wilayah Kotabunan dan Bulawan. Saya tidak ingin lagi mendengar jeritan-jeritan masyarakat saya karena terdampak bencana gara-gara perusahaan tidak memitigasi bencana,”ungkap orang nomor satu di Kabupaten Boltim ini dengan sangat tegas.

Ia menambahkan Besok pagi PUPR Boltim bersama pihak perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan emas itu akan meninjau planning titik mitigasi bencana.Saya ingin komitmen dan tanggung jawab PT ASA soal penanggulangan banjir. Besok siang harus sudah bisa menetapkan penanganan pencegahan terjadinya banjir. (al)

Leave A Reply

Your email address will not be published.