Wagub Steven Kandouw Imbau Kepala Daerah Se-Sulut Indentifikasi Sumber-sumber Kemiskinan di Tiap Wilayahnya

0

SULUT- Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengimbau agar setiap kepala daerah se-Sulut mengindetifikasi sumber-sumber kemiskinan di wilayah masing-masing.

Hal ini ditegaskan Wagub Steven Kandouw saat Rakor dan Evaluasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinana Provinsi, Kabupaten/Kota dan Lintas Sektor di Hotel Luwansa, Kota Manado, Kamis 8 Juni 2023.

Menurutnya, dalam rangka memberantas dan menanggulangi kemiskinan di Sulut bukan hanya tugas daripada Dinas Sosial tapi seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Ia menyentil soal kebijakan yang hanya terpaku pada belanja modal saja, padahal substansi dan esensi pembangunan yang nomor satu adalah menghilangkan kemiskinan apalagi kemiskinan ekstrem.

“Karena ini betul-betul mempengaruhi segala aspek, masih ada waktu dua tahun lagi untuk menuntaskan kemiskinan secara menyeluruh,” sentil wagub.

Wagub Kandouw yang juga selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinana Provinsi, Kabupaten/Kota mengimbau kepala-kepala daerah se-Sulut untuk langsung mengidentifikasi sumber-sumber kemiskinan.

“Dalam pengertian kasih sembako sampai penetapan APBD perubahan,” imbaunya.

Hal ini agar di tahun 2024 mendatang, angka kemiskinan di Sulut relatif bersih, tidak hanya di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Kabupaten Bolaang Mongondow yang tidak memiliki kemiskinan ekstrem.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut tahun 2022 angka kemiskinan di Nyiur Melambai dari tahun ke tahun mengalami penurunan, meskipun jumlah penduduk sebanyak 2,6 Juta Jiwa, presentase kemiskinan di Sulut hanya 1,03 Persen. (frian)

Leave A Reply

Your email address will not be published.