Tahun Depan, Bandara di Bolmong Ditargetkan Beroperasi

0

BOLMONG- Pembangunan Bandara yang berada di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) hampir rampung.

Bahkan, Bandar udara yang terletak di desa Solog, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong ini ditargetkan akan beroperasi tahun depan.

Hal ini diungkapkan Kepala Bandara Naha dan Bolmong Dwi Ariyanto saat meninjau langsung progres pembangunan bandara Bolmong bersama Kejagung Sulut, didampingi Bupati Limi Mokodompit, 7 Juni 2023 kemarin.

Menurut Dwi, progres pekerjaan pembangunan bandara Bolmong saat ini sekitar 60 persen. Untuk Runway bandara sudah di hotmix jalannya, sekali lagi dihotmix.

“Target tahun depan bandara di Bolmong sudah mulai beroperasi dan direncanakan akan diresmikan oleh presiden republik Indonesia Joko Widodo,” ujar Dwi

Meski begitu, Dwi mengaku masih ada beberapa kendala dalam proses pembangunan bandar udara tersebut. Diantaranya tiang listrik yang ada dilokasi belum dipindahkan oleh pihak PLN.

Kemudian, terkait obstakel gunung yang ada didesa Tuyat. Gunung tersebut harus dikurangi tingginya.

“Tinggi gunung itu sekita 80-an meter dikurangi 40-an meter agar sisi kanan dan kiri pesawat bisa mendarat. Jika gunung tidak dipangkas maka pesawat hanya mendarat dari sisi kiri yakni dari posisi laut,” ungkap Dwi.

Sementara itu, Asisten I Pemkab Bolmong, Deker Rompas mengaku untuk kendala tiang listrik, pihak PLN sudah menyurat kepada Pemkab Bolmong, untuk membantu sosialisasi pemindahan tiang listrik.

Selain itu, terkait dengan kendala gunung di desa Tuyat, dimana dari dinas perhubungan dan dinas PU tata ruang sudah konsultasi ke BPKH. Dan ternyata gunung tersebut masih masuk kawasan hutan.

“Sehingga hasil rapat tadi bersama tim Kejagung dan pak Bupati Limi Mokodompit, pihak bandara akan menyurat resmi ke Pemkab Bolmong untuk obstakel hutan itu,” tutup Deker. (Huzair).

Leave A Reply

Your email address will not be published.