Aplikasi SIPELITA Milik Dinas PRKP Kotamobagu Keluar Sebagai Juara ! Lomba IGA Tahun 2023

0

KOTAMOBAGU- Aplikasi sistem pengendalian dan pemantauan alat penerangan jalan atau SIPELITA milik Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Kotamobagu, keluar sebagai juara pertama pada lomba inovasi daerah atau Innovation Government Award (IGA) tahun 2023 untuk kategori perangkat daerah.

Kepala PRKP Kotamobagu Chelsia Paputungan ST, ME, menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan yang baru saja diraih pihaknya karena mampu menciptakan inovasi yang sangat membantu pemerintah daerah dalam hal peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, aplikasi SIPELITA mampu keluar sebagai juara. Inovasi yang kami ciptakan ini sangat penting untuk pemerintah daerah, terutama terkait dengan kecepatan dan ketepatan layanan penerangan jalan yang ada di Kota Kotamobagu,” ungkap Chelsia kepada LiputanBMR, Selasa 16 Mei 2023.

Daftar pemenang IGA Kotamobagu tahun 2023.

Selain itu lanjutnya, latar belakang diciptakannya aplikasi SIPELITA juga berangkat dari ide efisiensi biaya sehingga mampu menekan penggunaan biaya operasional dalam kaitan layanan penerangan jalan umum atau PJU.

“Aplikasi ini juga sangat efisien dari sisi pembiayaan operasional, olehnya kami butuh dukungan dari Pemkot Kotamobagu dalam pengembangan program atau aplikasi ini kedepan,” harapnya.

Chelsia juga menjelaskan, cara kerja sistem dalam aplikasi SIPELITA sangat praktis. Dimana, untuk PJU yang tersebar di seluruh titik telah terkoneksi dengan sistem. Sehingga kerusakan lampu bisa diketahui lewat notifikasi atau pemberitahuan pada aplikasi.

“Jadi kerusakan PJU di salah satu titik sudah bisa diketahui secara dini karena ada notifikasi dari sistem, dengan begitu penanganan kerusakan PJU akan lebih cepat dilakukan, selain itu bisa menekan biaya prabayar listrik yang digunakan sesuai dengan perencanaan dalam rencana kerja anggaran atau RKA,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam IGA Kota Kotamobagu 2023, Dinas PRKP mampu meraup skor 91,67 poin dari tim juri yang terdiri dari DR Herie Saksono M.Si, selaku Peneliti Madya Bidang Bisnis dan Manajemen Pusat Riset Pemerintahan Dalam Negeri Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Jerry Walo S. Sos, MM, selaku Analis Kebijakan Ahli Madya Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri (KEMENDAGRI) serta Eko Hormansyah Juhasmon selaku Ketua Tim Implementasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Daerah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara.

Leave A Reply

Your email address will not be published.