Ketua dan Anggota DPRD Kotamobagu Hadiri Musrenbang RKPD Kotamobagu Tahun 2024

0

KOTAMOBAGU,DPRD- Ketua dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kotamobagu menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Kotamobagu Tahun 2024, Senin 27 Maret 2023.

Musrembang yang berlangsung di Hotel Sutan Raja tersebut, dibuka langsung oleh Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara.

Amatan media ini, Musrenbang tersebut juga turut dihadiri Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan, Ketua DPRD Kotamobagu Meiddy Makalalag dan anggota DPRD Kota Kotamobagu serta unsur Forkopimda lainnya dan pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu, para pimpinan perguruan tinggi, pengusaha, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan LSM.

Dalam sambutan, Wali Kota Tatong Bara menyampaikan, salah satu aspek yang diatur dalam konteks perencanaan adalah RKPD sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, rencana kerja, dan pendanaan, untuk jangka waktu 1 tahun, dengan berpedoman pada Rencana Kerja Pemerintah, dan Program Strategis Nasional, sebagaimana yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Melalui pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kota Kotamobagu ini, maka Pemda, akan mendapatkan masukan dari berbagai pihak, dalam rangka penyempurnaan Rancangan RKPD Kotamobagu, tentang prioritas pembangunan daerah, maupun pagu indikatif pendanaan, berdasarkan fungsi dari setiap organisasi perangkat daerah,” kata Wali Kota.

Menurut Wali Kota, berdasarkan isu strategis dan RPJMD Kota Kotamobagu, serta dengan memperhatikan Rancangan Pembangunan Nasional dan Provinsi Sulut serta dilihat dari kondisi Kota Kotamobagu, maka RKPD Kotamobagu pada Tahun 2024 mendatang, mengusung tema pembangunan Meningkatkan sumber pembiayaan pembangunan melalui tata kelola pemerintahan yang baik, demokratis dan berdaya saing.

Wali Kota Kotamobagu dua periode ini juga berharap agar seluruh peserta Musrenbang dapat memberikan masukan dan saran serta ide dalam rangka penyempurnaan RKPD Kota Kotamobagu Tahun 2024.

 

“Mengingat pentingnya kegiatan ini, maka saya sangat mengharapkan kepada para pemangku kepentingan agar dapat memperhatikan dengan seksama arah kebijakan program dan kegiatan serta prioritas pembangunan di Kota Kotamobagu, sekaligus memberikan masukan, serta usulan, sehingga kita semua akan dapat menghasilkan rencana program dan kegiatan yang lebih aspiratif, transparan, tepat sasaran, dapat dipertanggungjawabkan, serta tentunya dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat di daerah ini,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kotamobagu Meiddy Makalalag mengatakan, pimpinan dan anggota DPRD Kotamobagu turut hadir mengikuti Musrembang Penyusunan RKPD Kotamobagu tahun 2024.

“Musrembang ini sangat penting, maka itu kami pimpinan dan anggota DPRD Kotamobagu turut hadiri mengikuti Musrembang,” jelasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.