RSUD Kotamobagu Lakukan Simulasi Evakuasi Pasien Emergency

0

KOTAMOBAGU- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu menggelar simulasi evakuasi pasien saat menghadapi situasi emergency seperti kebakaran.

Menurut Kabag Administrasi Umum RSUD Kotamobagu Fernando Mongkau, simulasi yang dilakukan merupakan rangkaian survei akreditas yang dilaksanakan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Kemenkes RI.

“Simulasi tersebut merupakan potret  bagaimana kesiapan tenaga kesehatan RSUD dalam menghadapi kebakaran. Mereka harus siap untuk melakukan evakuasi baik pasien, dokumen hingga alat kesehatan,” ungkap Fernando, Jumat 10 Februari 2023.

Ditambahkannya, selain kesiapan evakuasi korban saat menghadapi kebakaran, dalam simulasi ini juga diperagakan pertolongan pertama bagi pasien maupun keluarga pasien yang mengalami pingsan saat berada di lingkungan rumah sakit.

“Ini salah satu standar akreditasi bahwa   semua tenaga di rumah sakit harus mengetahui cara pertolongan pertama pada pasien dalam keadaan maupun situasi emergency,” imbuhnya.

Adapun simulasi yang digelar di halaman RSUD Kotamobagu ini, disaksikan langsung oleh tim surveyor KARS yang terdiri dari dr Vally Christly Helywati Ratulangi bersama Ns. Lussy Sidonya Kambey.

Leave A Reply

Your email address will not be published.