Pemkot dan BPS Gelar FGD Penyusunan Publikasi Kotamobagu dalam Angka

0

KOTAMOBAGU– Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang penyusunan publikasi Kota Kotamobagu dalam angka tahun 2023, di Hotel Sutanraja Selasa 7 Februari 2023.

Sekertaris Daerah Kota Kotamobagu Sofyan Mokogonta saat membuka FGD tersebut lewat menyampaikan bahwa publikasi Kota Kotamobagu dalam angka merupakan salah satu wujud sinergi dan kerjasama seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dalam penyediaan Satu Data Kota Kotamobagu.

“Publikasi ini merupakan upaya penyediaan data terpadu bagi para pengguna data dalam berbagai keperluan daerah,” ujarnya.

Dikatakannya, pelaksanaan FGD tersebut rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Dimana, selain memuat evaluasi penyusunan publikasi Kota Kotamobagu dalam angka selanjutnya, tiap OPD dan instansi terkait diharapkan mengikuti pembinaan kegiatan statistik sektoral.

“Pembinaan tersebut berupa penerapan salah satu domain kriteria penilaian evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral yaitu Prinsip Satu Data Indonesia,” terangnya.

Sementara Kepala BPS Kotamobagu, Syamsuddin mengatakan, Pemkot Kotamobagu bersama BPS telah menandatangani MoU Satu Data Kotamobagu sejak bulan agustus tahun lalu.

Kerjasama ini kata dia, kemudian ditindaklanjuti dengan interkoneksi portal website Satu Data Kotamobagu dan pelaksanaan bimbingan teknis penyusunan metadata dalam mewujudkan Satu Data Kotamobagu.

Disebutkannya, hingga saat ini sudah 22 OPD yang telah melaporkan metadata secara mandiri dan 21 OPD yang mengikuti rekomendasi kegiatan statistik dan telah dinyatakan layak sehingga dirilis dihalaman website romantik (rekomendasi kegiatan statistik) BPS.

“Olehnya saya menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada OPD Pemkot dan instansi yang telah berperan aktif mengikuti pembinaan kegiatan statistik dari BPS Kotamobagu,” tuturnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.