Wali Kota Tatong Bara Hadiri Rakornas se Indonesia Tahun 2023

0

KOTAMOBAGU- Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah (Kada) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se – Indonesia tahun 2023, Selasa 17 Januari 2023.

Rakornas yang diinisiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut dibuka langsung Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo, dengan tema Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi atas kerja keras semua pihak dari pusat hingga daerah, yang telah mampu menjaga pertumbuhan ekonomi ditengah pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, pandemi berhasil kita kelola dan kita kendalikan dengan baik, dan stabilitas ekonomi juga bisa kita manage, kita pertahankan sehingga berada pada posisi yang sangat baik. Ini berkat kerja keras kita semuanya,” ujar Jokowi.

Dikatakannya, di tengah situasi pandemi dan perlambatan ekonomi di sejumlah negara, namun Indonesia mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang baik.

Dimana lanjut Jokowi, pada kuartal III-2022 ekonomi Indonesia mampu tumbuh 5,72 persen sementara di kuartal IV-2022 diperkirakan tumbuh 5,2 hingga 5,3 persen.

“Ini sebuah prestasi yang sangat baik sekali jika dibandingkan negara-negara lain, karena di kuartal III kita bisa tumbuh 5,72 persen,” ujarnya.

Masih menurut Jokowi, meski mampu melalui tahun turbulensi ekonomi di tahun 2022 dengan baik, namun Indonesia harus tetap hati-hati dan waspada karena tahun 2023 masih menjadi tahun ujian bagi ekonomi global.

“Semuanya harus hati-hati dan bekerja keras mendeteksi informasi-informasi serta data-data yang ada di lapangan. Jangan sampai kita keliru membuat kebijakan. Sekecil apapun kebijakan itu harus berbasis pada data dan fakta di lapangan,” tegasnya.

Rakornas yang dilaksanakan di Sentul International Convention Center tersebut, juga dihadiri para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur, Wali Kota, Bupati seluruh anggota Forkopimda se – Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.