Disdagkop UKM Kotamobagu Gelar Diklat Kewirausahaan Bagi Pelaku UMKM

0

KOTAMOBAGU- Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop UKM) Kota Kotamobagu menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kewirausahaan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah setempat.

Kegiatan yang digelar di Restoran Lembah Bening tersebut, dibuka secara resmi Asisten II Pemkot Kotamobagu Sitti Rafiqa Bora dan diikuti puluhan pelaku UMKM, Selasa 22 November 2022.

Lewat sambutan Rafiqa mengajak seluruh peserta untuk menjadikan kegiatan tersebut sebagai momentum peningkatan kualitas UMKM di Kotamobagu.

“Mari jadikan UMKM Kotamobagu lebih berkualitas sebagai upaya  membantu masyarakat dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi kerakyatan,” ajak Rafiqa.

Menurutnya, pemberdayaan UMKM secara umum sejatinya diarahkan untuk mendukung upaya pengangulangan kemiskinan dan kesenjangan serta memberikan konstribusi dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengurangi pengangguran.

Seperti pada saat masa pandemi kata dia, para pelaku UMKM tetap bisa beraktifitas dan memberi kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekomoni.

“Selain itu lewat kegiatan ini perlu adanya penanaman jiwa UMKM bagi para pelakunya. Baik produk, tata cara pengurusan izin serta sertifikasi produk halal,” sebut Rafiqa.

Dia pun berharap kepada para peserta untuk memanfaatkan diklat ini sebaik mungkin dalam kaitan peningkatan kualitas UMKM.

“Kedepan Pemkot menginginkan agar UMKM lebih inovatif sehingga apa yang menjadi harapan dan keinginan masyarakat dapat terwujud,” harapnya.

Senada, Kepala Disdagkop UKM Kotamobagu Ariono Potabuga juga  meminta peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik baiknya.

“Diklat ini sangat penting dalam rangka meningkatkan kemampuan, keterampilan, kapasitas dalam UMKM sehingga mampu bersaing,” tambahnya.

Diketahui, dalam kegiatan ini Pemkot menghadirkan Stafsus Gubernur Bidang Ekonomi, Firasat Mokodompit SE selaku narasumber diklat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.