Boltim

Wali Kota Tatong Bara Terima Penghargaan dari Bapeten Atas Capaian RSUD Kotamobagu

0

KOTAMOBAGU- Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, menerima Penghargaan dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir atas capaian RSUD Kota Kotamobagu dalam bidang Keselamatan dan Keamanan Nuklir Kegiatan Radiologi Diagnostik dan Intervensional pada acara Anugerah Bapeten Award 2022, Selasa, 8 November 2022, di Grand Ballroom Pullman 1, Hotel Pullman Central Park Jakarta.

Menurut Direktur RSUD Kota Kotamobagu dr. Wahdania Mantan, M.Kes., penghargaan diberikan kepada pemegang izin/fasilitas/personil yang memiliki komitmen dan performa sangat baik dalam hal keselamatan radiasi dan keamanan sumber radioaktif

“Alhamdulillah hari ini RSUD Kotamobagu mendapatkan 2 Kategori Penghargaan BAPETEN 2022, yang pertama Kategori Pemegang Izin Bidang Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif kemudian yang kedua Kategori Petugas Proteksi. Penghargaan yang diberikan kepada RSUD Kotamobagu karena memiliki komitmen dan performa yang sangat baik dalam keselamatan radiasi dan/atau keamanan sumber radioaktif,” ucap Wahdania.

Dikatakannya penilaian oleh Bapeten dilakukan terhadap 7 Indikator Keselamatan Kerja yang harus dipenuhi oleh RSUD Kotamobagu.

“Mulai dari kondisi perizinan, ketersediaan sumber daya manusia, pemantauan dosis radiasi, pemantauan kesehatan pekerja radiasi, ketersediaan peralatan keselamatan dan keamanan sumber radiasi pengion, pemantauan paparan radiasi daerah kerja, serta ketersediaan dan kesesuaian dokumen dan rekaman keselamatan dan keamanan,” lanjutnya.

Penghargaan ini tentunya menjadi pencapaian yang membanggakan untuk Kota Kotamobagu lebih khususnya RSUD Kotamobagu yang sudah menunjukkan komitmen dalam pemanfaatan fasilitas radiologi yang ada.

Ini juga berkat komitmen dan motivasi Ibu Wali Kota ke kami untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan fasilitas radiologi yang ada. Tim radiologi yang terdiri dari dr. Intan Ginano, SpRad, penanggung jawab radiologi Anastasya Girsang, serta petugas proteksi radiasi Moh. Rizky Tegema yang juga turut menerima penghargaan, serta tenaga kesehatan lainnya semuanya mendukung dan berkomitmen untuk mewujudkan hal ini,” ucap Wahdania.

Ia pun berharap dengan penghargaan ini dapat lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap fasilitas radiologi yang saat ini digunakan RSUD Kotamobagu.

“Harapannya agar masyarakat bisa lebih percaya untuk penanganan pemeriksaan kesehatan di RSUD Kotamobagu khususnya di Instalasi Radiologi yang mana tingkat keselamatan dan keamanan radiasi aman untuk dilakukan sehingga apa yang diharapakan dalam mendiagnosa suatu kelainan atau penyakit akan lebih efektif,” ujarnya.

Seperti diketahui Anugerah Bapeten Award diberikan sebagai penghargaan dan apesiasi kepada segenap unsur yang telah berkontribusi dalam mewujudkan keselamatan nuklir dalam pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.