Lagi, Pemkot Kotamobagu Raih WTP ke-8 dari BPK RI

0

KOTAMOBAGU- Pemerintah Kota Kotamobagu di bawah Kepemimpinan Wali Kota Ir Hj Tatong Bara dan Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan SH, kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-8 kalinya atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tersebut diserahkan langsung oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut), secara serentak kepada bupati dan wali kota serta ketua DPRD dari 15 kabupaten/kota se-Sulut, Senin (3/05/2021).

Kegiatan tersebut berlangsung di satu lokasi, yakni ruang serba guna kantor BPK RI Perwakilan Sulut, di Jl 17 Agustus Manado. Sementara, untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, LHP-nya diserahkan oleh Kepala BPK Perwakilan Sulut kepada Gubernur Olly Dondokambey SE dan Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, dalam acara rapat istimewa di DPRD Sulut dan disaksikan Wakil Gubernur (Wagub) Drs Steven Kandouw.

Adapun 15 kabupaten/kota yang menjadi entitas BPK Perwakilan Sulut, 14 daerah di antaranya menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Satu daerah, yakni Kabupaten Minahasa Utara, LHP atas LKPD-nya mendapat opini Tidak Wajar (TW).

Dari 14 kabupaten/kota penerima WTP, salah satunya yakni Kota Kotamobagu. Bahkan, WTP ini merupakan kali kedelapan secara beruntun diterima oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu di bawah kepemimpinan Walikota Ir Hj Tatong Bara.

Kotamobagu Atas raihan positif ini, kontan saja Walikota Tatong Bara menyambut dengan syukur, sukacita, gembira dan rasa bangga. “Ini tentu sebuah kebanggaan yang patut disyukuri, karena kita berhasil mempertahankan opini WTP sebanyak delapan kali berturut-turut sejak tahun 2013,” katanya melalui Sekretaris Kota (Sekkot), Sande Dodo MT.

“(Opini WTP) ini bahkan boleh dikata merupakan berkah yang sangat istimewa di bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah. Terlebih lagi, kita bisa meraih dan mempertahankan opini ini, di saat kondisi negara dan bangsa kita sedang berada di masa pandemi Covid-19,” lanjut Tatong.

Atas prestasi tersebut, tak lupa ia menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Keberhasilan Kota Kotamobagu meraih opini WTP lagi kali ini, tidak lepas dari peran dan kerja keras seluruh OPD yang,” cetus orang nomor satu di Kotamobagu ini.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran OPD yang sudah bekerja secara profesional, terutama dalam menyajikan laporan keuangan secara cermat. Mari jadikan opini WTP ini, sebbagai pemicu untuk bekerja lebih baik dan tetap konsisten di jalan yang benar,” tandas Tatong.

Ia juga tak lupa memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kalangan DPRD Kotamobagu, atas peran dan fungsi lembaga tersebut sehingga berdampak positif bagi capaian kinerja di jajaran eksekutif. “Semoga kerja sama yang positif antara Pemkot dengan DPRD selama ini, dapat terus kita pertahankan dan lebih ditingkatkan lagi,” pungkasnya.

Diketahui, buku LHP tersebut diterima oleh Tatong Bara dari Kepala BPK Perwakilan Sulut Karyadi SE. Pada saat penerimaan LHP ini, Wali Kota Tatong Bara turut didampingi Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan SH dan Ketua DPRD Meiddy Makalalag ST. Kegiatan itu sendiri menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat (adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.