Pemkot Kotamobagu Jamin Ketersediaan Pangan Jelang Lebaran

0

KOTAMOBAGU- Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP), menjamin ketersediaan 11 bahan pangan di bulan Ramadhan hingga usai lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Demikian dikatakan Kepala DKP Kotamobagu Nurachim Mokoagow. Menurutnya, bahwa berdasarkan prognosa ketersediaan pangan bulan Maret sampai dengan bulan Mei, kondisinya aman.

“Tim terpadu melakukan monitoring ketersediaan bahan pangan dan produk yang kadaluarsa. Dari hasil pantauan kami, ketersediaan 11 komoditas bahan pangan dalam bulan Ramadaan sampai setelah lebaran kondisinya sangat aman,” kata Nurachim.

Ia menyebut, 11 komoditi bahan pangan tersebut berupa beras, jagung, telur, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe besar, daging sapi, daging ayam, gula pasir dan minyak.

“Setiap minggu kita selalu menginput di web Kementerian Pertanian Badan Ketahanan Pangan Pusat. Dimana, sejak tanggal 4 Januari sampai dengan sekarang selalu di input setiap minggu, dengan data ketersediaan diambil dari data produksi, distributor, stok pedagang dan di Bulog yang ada di Kotamobagu, kemudian diinput,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan stok komoditas beras dari bulan Maret sampai Mei 2021 total ketersediaan sebanyak 1.752,62 ton, sementara jumlah kebutuhan sebanyak 1.152.60 ton.

“Stok beras tersebut mulai dari Bulog, pemasukan oleh distributor, stok beras CPP 2021, produksi padi gabah kering panen, dan stok pada pedagang. Artinya, stok mencukupi untuk menghadapi Ramadhan, bahkan surplus pada neraca sekitar 600, 01 ton,” pungkasnya

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.