Boltim

Bolsel Bakal Jadi Pilot Project Kementerian PDTT Program Desa Tanpa Kemiskinan

0

BOLSEL – Program Dana Desa oleh Pemerintah Pusat banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Desa termasuk juga  Desa-Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Propinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Guna memaksimalkan Rencana Pengunaan Anggaran Dana Desa (DDS) di Bolsel, Bupati H. Iskandar Kamaru dan Wakil Bupati, Deddy Abdul Hamid,  melakukan  kunjungan kerja (Kunker) ke Kementrian Desa PDT dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kementrian PDTT RI).

Kunker tersebut disambut langsung oleh Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar, bersama Dirjen Pengembang Ekonomi dan Investasi Harlina Sulistyorini dan Plt. Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Rosyidah Rachmaty, berlansung diruangan kerjanya, Selasa (16/3/2021).

Dalam pertemuan itu, Bupati menyampaikan laporan terkait perkembangan pemanfaatan DDS di Bolsel yang setiap tahun mengalami tren positif. “Berkat Dana Desa, dua tahun terahir ini tidak ada lagi desa sangat tertinggal di Bolsel,” ucapnya.

Selain itu, Iskandar juga meminta bantuan Menteri Desa terkait pengembangan Desa Wisata di Bolsel dari sisi pemenuhan Sarana Prasarana, Manajemen dan Promosi. “Saya berharap pak menteri dapat menghadiri Desa Expo yang dirangkaikan dengan Dive Festival pada bulan April mendatang,” tutur Kamaru.

Sementara itu, Menteri PDTT, Abdul Halim Iskandar menyambut positif audiensi ini dan mengapresiasi pemkab Bolsel yang dipandang responsif dalam pendampingan implementasi DDS. “Saya minta Bupati menseriusi program pengentasan kemiskinan di desa, pengurangan resiko kesehatan dan penurunan angka putus sekolah melalui peningkatan pemenuhan pendidikan di desa,” mintanya.

Lanjut, kata menteri yang biasa disapa Gus menteri, kedepan Kabupaten Bolsel akan jadi pilot project terkait program desa tanpa kemiskinan. “Nanti kita lakukan pemetaan lebih dulu desa-desa untuk salah satu arah tujuan yang terdapat dalam SDGs Desa yakni desa tanpa kemiskinan,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, turut mendampingi bupati Iskandar Kamaru, Sekda Marzanzius A. Ohy, Asisten tiga, Rikson Paputungan, Kadis PMD Eka Gobel, Kadis Kominfo Aldy Gobel, Kabag Prokopim beserta jajaran. (*/rudi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.