Pemkab Bolsel Gelar Coaching Clinic Pemantapan Implementasi SIPD

0

BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar coaching clinic sistem informasi pemerintah daerah (SIPD), Selasa (16/2/2021). Kegiatan berlangsung di hotel Aston Manado ini di ikuti sebanyak 50 Aparatir Sipil Negara (ASN) lingkungan Pemkab Bolsel dan di buka secara resmi oleh Bupati H. Iskandar Kamaru yang di didampingi Sekretaris Daerah Marzanzius Arvan Ohy.

Kegiatan ini juga menghadirkan pemateri dari pengelola keuangan Sub bidang operasionalisasi dan monitoring evaluasi pusat data informasi (Pusdatin) Sekertariat Jenderal kemendagri, Girisena Ergasera serta penyusun bahan kebijakan Ditjen Bina Bangda Kemedagri, Hanz Budi Setiawan.

Coaching Clinic SIPD ini merupakan upaya serius Pemerintah Daerah dalam.mengimplementasikan dan menyesuaikan dengan regulasi yang ada, yakni  Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang SIPD. “Seluruh Daerah pada tahun ini sudah menggunakan aplikasi SIPD baik perencanaan maupun pengelolaan keuangan daerah,” jelas Kamaru ketika menyampaikan sambutan.

Baca juga :  Jasa Konsultasi RPJMD dan RTRW Pemkab Bolsel Tender Pekan Depan

Baca juga : Anggota Komisi V DPR Audiensi Dengan IP3A, GP3A Terkait Krisis Air Dialami Petani Dumoga Barat

Dia menuturkan jika mengaplikasi SIPD ini memuat menu e-Database SIPD, Perencanaan Pembangunan SIPD dan Dasboard Profil SIPD yang didalamnya memuat informasi pembangunan Daerah, informasi keuangan Daerah dan informasi lainnya seperti LPPD, EPPD dan Produk hukum daerah. “Pemkab akan mempermantap pemahaman dan implementasi aplikasi SIPD yang di dalamnya terkait pembangunan daerah seperti dokumen RPJPD, dokumen RPJMD, dokumen RKPD, RENSTRA dan RENJA,” tegasnya.

Bupati pun berharap kedepan dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas data dan informasi Daerah. Sebab, data yang valid sangat mempengaruhi proses perencanaan dalam rangka mewujudkan visi Bupati yaitu terwujudnya kabupaten Bolsel bersatu, berdaulat, mandiri, sejahtera dan berkepribadian dengan semangat gotong royong berdasarkan Pancasila.

Di kesempatan lain, Kepala Bappelitbang Bolsel, Harifin Matulu ketika di konfirmasi melalui via telepon mengatakan kegiatan coaching clinic SIPD di ikuti 50 ASN dari utusan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkan Bolsel.

“Mereka adalah kasubag program. Dalam kegiatan ini para peserta menerima materi tentang penyusunan perencanaan untuk tahun 2022,” tutup Harifin. (Rudi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.