Tunggu Penyaluran, Puskesmas Motoboi Kecil Simulasi Penyuntikan Vaksin

0

KOTAMOBAGU– Vaksin Sinovac Covid-19, sudah berada di Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, dan tinggal menunggu pendistribusian di 15 Kabupaten Kota yang ada. Di Kota Kotamobagu, Puskesmas Motoboi Kecil telah menggelar simulasi penyuntikan pada Rabu, 13 Januari 2020.

Kepala Puskesmas Motoboi Kecil Linda Mokodongan mengatakan, simulasi tersebut merupakan edukasi sekaligus sosialisasi tentang vaksin Sinovac Covid-19, serta kegunaan dan manfaatnya.

“Melalui simulasi ini kita edukasi masyarakat tentang vaksin covid-19, agar pada saat pelaksanaan pemberian vaksin masyarakat mau datang ke puskesmas yang telah ditunjuk,” ujar Linda.

Linda menjelaskan, dalam simulasi ada sejumlah tahapan yang dijalankan. Mulai dari kedatangan pasien hingga pelaksanaan penyuntikan vaksin.

“Tahapan awalnya sebelum pasien masuk diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu serta pengecekan suhu badan. Jika kemudian suhu badan pasien 37,3 derajat celcius maka akan diarahkan ke tempat khusus. Berbeda dengan yang suhu badannya normal akan langsung diarahkan ke bagian pendaftaran untuk screening kemudian penyuntikan vaksin,” jelas Linda.

Linda berharap, masyarakat tidak takut untuk datang ke pusat-pusat pelayanan kesehatan guna melakukan penyuntikan vaksin sebagai upaya mencegah sekaligus memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Leave A Reply

Your email address will not be published.