DLH Kotamobagu Pastikan Kualitas Sungai di Kotamobagu Baik

0

KOTAMOBAGU– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kotamobagu memastikan kualitas sungai di wilayah Kotamobagu terbilang sangat baik.Hal tersebut berdasar hasil pemantauan pada 16 titik pantau sungai yang bekerjasama dengan PT Water Laboratory Nusantara Indonesia.

“Setelah dianalisa, maka diketahui secara garis besar Nilai Indeks Kualitas Air Sungai di Kotamobagu tahun 2020 berada pada nilai 80 atau kategori baik,” ujar Kepala Bidang Pencegahan Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Indrawan Mokoginta.

Pada 2019 kata Indrawan, air sungai kotamobagu berada pada angka 60. Artinya, ada penginkatan nilai indeks di tahun 2020. Menurutnya, ada beberapa factor yag mempengaruhi meningkatnya kulitas air sungai, diantaranya kesedaran masyarakat yang berada di daerah aliran sungai.

“Untuk memperbaiki kualitas air sungai di antaranya melakukan pembinaan terhadap usaha, kegiatan masyarakat yang berlokasi bermukim di sekitar sungai,” kata Indrawan

Setidaknya ada 16 sungai yang diperiksa di antaranya Sungai Bilalang Hilir, sungai Dayanan Hilir, sungai Bilalang Hulu, sungai Dayanan Hulu, sungai Kotobangon Hulu, Sungai Bonodon Moyag Hulu, sungai Bonodon Moyag Hilir, sungai Kotobangon Hilir, sungai Yantaton Hulu, sungai Yantaton II Hulu, sungai Kopek Hulu, wungai Kopek Hilir, sungai Ongkag Hulu, sungai Yantaton II Hilir, sungai Yantaton Hilir, sungai Ongkag Hilir.

“Kegiatan pemantauan Kualitas Air Sungai bertujuan untuk mengetahui Indeks Kualitas Air Sungai dan sebagai bahan pengambilan kebijakan instansi lain seperti Bappelitbangda dan Dinas PUPR, serta sebagai persyaratan untuk mengikuti Sanitasi Award,” jelasnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.