Boltim

Makam Raja Loloda Mokoagow Dijadikan Destinasi Wisata Religi

0

KOTAMOBAGU– Makam Datu Loloda Mokoagow atau dikenal Datu Binangkang yang terletak di wilayah perkebunan Poyowa Besar Kecamatan Kotamobagu Selatan, direncanakan akan dijadikan destinasi wisata religi.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dusbudpar) Kotamobagu Anki Taurina Mokoginta,saat mengunjungi makam tersebut, Minggu (15/11/2020).

“Kita lakukan survey dan pendataan awal beberapa item pekerjaan yang nanti akan dirancang . Penataan kompleks pemakaman Datu Loloda Mokoagow ini, akan menjadi program prioritas kami kedepan, dengan melibatkan juga beberapa intansi terkait lainnya,” kata Mokoginta.

Lanjutnya, penataan makam leluhur Bolaang Mongondow tersebut guna pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan cagar budaya.

“Lokasi cagar budaya ini direncanakan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata religi di Kota Kotamobagu,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Ir Hj Tatong Bara, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kotamobagu, Rafiqa Bora, pegiat sejarah Bolang Mongondow, Sumitro Tegela dan sejumlah masyarakat. Datu Loloda Mokoagow dalam catatan sejarah kerajaan Bolaang Mongondow berkuasa di abad ke XVII menggantikan ayahnya, Punu’ Tadohe. Datu Loloda Mokoagow juga disebut raja Manado penguasa semenanjung Utara Sulawesi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.