Kreatif! Warga Gogagoman Daur Sabut Kelapa jadi Pot Bunga

0

KOTAMOBAGU – Siapa sangka sabut kelapa ternyata bisa didaur menjadi sebuah produk kerajinan tangan yang kreatif dan mampu mendatangkan penghasilan.

Seperti yang dilakukan oleh Wulandari (44), Warga Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat. Ia mengubah sabut kelapa menjadi pot bunga yang kini banyak diminati oleh ibu-ibu yang gemar menanam bunga. Bahkan produk kerajinan tangannya tersebut sudah banyak pemesan yang berasal dari luar Kotamobagu.

Ide tersebut Ia dapat dari banyaknya peminat pot bunga di kotamobagu. Kemudian Ia mencoba membuat pot tersebut dari bahan baku sabut kelapa yang kemudian didaur dan dibentuk seni banyak rupa.

“Saya melihat di Kotamobagu banyak sekali ibu-ibu yang menyukai bunga, Saya kemudian mulai bereksperimen membuat pot bunga dengan sabut kelapa, Alhamdulillah banyak yang tertarik dan memesan,” ujarnya, Senin (10/11/2020).

Dari usahanya tersebut awalnya tak berjalan mulus, ada banyak tantangan dan kerugian yang ia alami. karena ada beberapa detail pot yang tiga sesuai dengan ukuran.

“Saya awalnya belajar dari YouTube, namun saat belajar beberapa kali mengalami kesalahan sehingga bahan dasarnya rusak dan tidak bisa digunakan lagi,” ucapnya.

Setelah beberapa kali melakukan percobaan, kata ibu dua orang anak ini, ia kemudian berhasil membuat pot yang sesuai dengan ukuran serta bentuk sesuai pesanan.

“Saya awalnya memposting pot yang sudah selesai dirangkai ke media sosial Facebook, Alhamdulillah banyak yang tertarik dan memesan, bahkan pemesan kebanyakan berasal dari luar Kotamobagu,” kata dia.

Lanjutnya, untuk keuntungan dari hasil penjualan, itu fluktuatif tergantung pemesan, kadang kala dalam seminggu bisa capai Rp 1 juta. Untuk harga jual mulai dari Rp 10 hingga 500 ribu, itu disesuaikan dengan ukuran dan bentuk pot.

“Yang berminat bisa langsung datang ke tempat kami di Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, tepatnya di lorong Wirabuana, bagi yang ingin memesan online bisa langsung menghubungi kami melalui WhatsApp atau menelepon langsung ke nomor 0813-5027-4990,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.