Bukit Bambe’an, Surga Tersembunyi di Desa Sia

0

KOTAMOBAGU– Kota Kotamobagu rupanya menyimpan banyak potensi alam yang layak dikelolah menjadi destinasi wisata. Salah satunya bukit Bambe’an yang terletak di Desa Sia’, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Panorama alam yang menyatu membuat lokasi tersebut dijadikan wisata alam oleh pemerintah desa.

Kepala Desa (Kades) Sia Herto Balansa mengatakan, pengembangan dan penataan lokasi yang diberi nama Bukit Bambe’an tersebut sejak 2019 melalui sentuhan Dana Desa (Dandes).

“Di tahun 2020 ini juga sebenarnya telah dianggarkan, tapi karena pandemi Covid-19, program ini tidak berjalan. Sebagian anggaran masih digeser untuk penanganan Covid-19,” ungkap Herto Balansa, Senin (26/10/2020).

Beberapa item pekerjaan yang sempat tertunda karena Covid-19, terang Herto diantaranya, pembangunan jalan wisata, pembuatan gazebo dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

“Untuk akses jalan masuk ke lokasi sudah dikerjakan terlebih dahulu, tinggal pembukaan jalan menuju puncak dan itu juga sudah kami alokasikan lewat APBDes perubahan tahun 2020, anggarannya kurang lebih Rp200 juta rupiah,” ungkapnya.

Lanjutnya, di tahun 2021 mendatang Pemerintah Desa Sia’ menjadikan program pembangunan wisata alam ini sebagai prioritas. Dimana hal tersebut juga sudah diputuskan berdasarkan musyawarah desa.

“Alokasi anggaran sebesar Rp1 Miliar lebih bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa. Ini sudah tertuang dalam RAPBDes Tahun 2021 sesuai kesepakatan melalui rapat musyawarah desa antara Pemerintah desa, BPD dan masyarakat,” kata Herto.

Pekerjaan yang akan dibiayai lewat dua sumber anggaran tersebut diantaranya, pembuatan lahan parkir, rumah panggung sebagai tempat pertemuan umum di lokasi puncak, gazebo atau pondok, toilet umum, kolam permandian serta pembuatan berbagai wahana permainan lainnya yang bernuansa alam.

“Kami berharap, nantinya objek wisata ini jika sudah mulai berjalan dapat memberikan nilai tambah bagi pendapatan asli desa (PADes),” tutup Herto

Leave A Reply

Your email address will not be published.