Over Target Sensus Penduduk Online, Kotamobagu Terima Penghargaan dari BPS Pusat

0

KOTAMOBAGU– Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu rupanya menjadi kota yang sukses mengajak seluruh masyarakat untuk malakukan sensus penduduk secara online. Buktinya, Pemkot menerima penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat sebagai Kota dengan Capaian Respons Rate yang melebihi Target sensus penduduk, di aula Rudis wali Kota, Kamis (03/09/2020).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Badan Pusat Statistik Kotamobagu, Didik Tjahjawinadi kepada Wali Kota Tatong Bara, bertempat di Aula Rumah Dinas Wali Kota. Usai menerima penghargaan tersebut, wali kota menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPS atas penghargaan yang diberikan, termasuk telah memberikan informasi kepada pemerintah untuk ikut serta di dalamnya.

“Hari ini Kota Kotamobagu mendapatkan penghargaan dari BPS RI, dimana ada empat daerah di Sulawesi Utara yang melampaui target nasional salah satunya Kotamobagu yang target awal 10%. Dan Kotamobagu mencapai 39% pada sensus penduduk online,” ungkap wali Kota.

Wali kota juga berharap, agar program sensus online ini terus digelorakan. “Mengingat pentingnya data tersebut maka disampaikan kepada sangadi dan lurah terlebih khusus para camat untuk bisa mendaftarkan lewat online setiap Kepala Keluarga serta jumlah keluarga yang ada di wilayah masing-masing. Semoga BPS dan Pemerintah Kotamobagu dapat terus bekerjasama agar capaiannya bisa 100%,” harapnya.

Sementara itu Kepala BPS Kotamobagu, Didik Tjahjawinadi, mengatakan penghargaan ini diberikan oleh BPS Pusat kepada pemerintah daerah yang capaian sensus penduduk online-nya melebihi target. “Di sini kita memiliki target awal 10% pada sensus penduduk online di bulan Februari sampai Mei, kemudian kami menghubungi ibu Wali Kota untuk membantu dan atas gerakan ibu Wali Kota kita bisa mencapai 39,68%, dari ranking besarnya persentase Kotamobagu ada diurutan ke empat se- Sulawesi Utara,” jelas Didik.

Didik juga menerangkan, saat ini capaian 61% sementara berjalan yang dimulai pada 1 sampai 30 September dengan tetap berkoordinasi kepada pemerintah daerah. “Sebelum petugas turun ke lapangan terlebih dahulu berkoordinasi dengan pemerintah setempat, yakni RT yang nantinya akan memberikan petunjuk dimana rumah tangga yang harus dikunjungi. Saya berharap agar masyarakat dapat ikut berpartisipasi mengingat data kependudukan ini akan digunakan untuk kepentingan daerah dan merupakan salah satu program pemerintah untuk mewujudkan satu data Indonesia,” ungkapnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.