Lakukan Evaluasi dan Penilaian, Christian: Pelayanan Publik Dinas PMPTSP Kotamobagu Baik

0

KOTAMOBAGU– Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Christian Darma Sondakh mengatakan, pelayanan publik Dinas Penanaman Modal dan Prlayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kotamobagu sudah sangat bagus.

Hal ini dikatakannya saat melakukan penilaian dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Selasa (01/09/2020).

Menurutnya, ada sejumlah komponen yang menjadi penilaian tersebut antara lain, terkait kebijakan standar pelayanan, sarana dan prasarana serta inovasi.

“Jadi kita lihat bagaiman kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah. Tapi pada prinsipnya, berdasarkan hasil penilaian kami, Dinas PMPTSP Kota Kotamobagu ini sudah bagus,” ungkap Christian.

Ia memprediksikan Kotamobagu kali ini akan mendapat nilai A dari KemenpanRab soal standar pelayanan tersebut.

“Kalau tahun kemarin Dinas PMPTSP Kotamobagu mendapat nilai B, dan saat ini yang saya lihat langsung tidak menutup kemungkinan Kota Kotamobagu akan mendapatkan nilai A, tapi semua keputusan final ada di pusat,” sambungnya

Ia menerangkan, terkait hasil evaluasi dan penilaian di Dinas PMPTSP pihaknya akan menyampaikan ke KemenPAN-RB berdasarkan hasil peninjauan di lapangan.

“Bentuk penilaiannya kita ada catatan-catatan dalam bentuk format isian, misalnya terkait tentang kebijakan apa, tapi kumulatif yang dikeluarkan oleh KemenPAN-RB, terkait dengan enam atau sampai delapan komponen penilaian. Mudah-mudahan di sini (Kotamobagu) dapat nilai A,” terang Christian.

Kepala Dinas PMPTSP Kotamobagu Noval Manoppo juga berharap tahun ini bisa mendapatkan Nilai A.

“Ada banyak kriteria penilaian yang dilakukan KemenPAN-RB melalui tim evaluator Provinsi. Mulai dari sarana dan prasarana, sistem pelayanan, standar pelayanan dan masih banyak lagi. Harapan kami karena tahun lalu kita dapat nilai B, insya Allah tahun ini bisa mendapat nilai A,” pungkasnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.