Boltim

Sambut Hut-12 Bolsel, P3IKM Tampilkan Permainan Tradisional

0

BOLSEL – Menyambut Hut ke-12 Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) sejumlah mahasiswa yang terhimpun dalam organisasi P3IKM (Persatuan Pemuda Pelajar Indonesia Kota Molibagu) menampilkan permainan tradisional Tangkade, Jumat (17/7/2020).

Menurut ketua P3IKM, Bagas Koni, pergelaran permainan tradisional berkerjama dengan panitia penyelenggara kegiatan dengan tema Beragam Kebudayaan, Alam dan Hiburan yakni Dinas Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bolsel, berlangsung di Spot Wonderful Bolsel, Desa Sondana, Kacematan Bolaang Uki.

Selain itu kata Bagas, tujuan dibuatnya tangkade sebagai upaya menjaga permainan tradisional yang merupakan warisan budaya. Seiring perkembangan zaman makin maju, permainan tradisional pun mulai tergerus zaman, oleh karenanya melalui kegiatan ini kami ingin melestarikan warisan peninggalan orang tua.

Ia menambahkan dalam menyambut Hut Kabupaten pihaknya membuat 12 tangkade dan 12 tingkede yang memiliki makna filosofis yakni umur Kabupaten Bolsel ke 12 tahun.

“Kami mengharap lewat momentum Hut Bolsel kali ini akan menimbuhkan nilai cinta dan bangga terhadap kebudayaan khas daerah yang berefek terhadap pelestarian nilai -nilai kebudayaan sehingga dapat dirasakan anak cucu kita,” pungkasnya.

Rudi

Leave A Reply

Your email address will not be published.