Boltim

KPU Bolsel Mulai Lakukan Coklit Pemuktahiran Data Pemilih Pilkada Serentak 2020

0

BOLSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melaksanakan pelantikan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) dan Apel Akbar Coklit Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolsel, bertempat aula KPU, Rabu (15/7/2020).

Menurut Fijay Bumulo, selaku Kadiv teknis dan Wakadif SDM Parmas, pelaksanaan pelantikan PPDP dan apel akbar dilakukan secara via daring (Dalam jaringan) oleh KPU Sulawesi Utara.

Dalam proses pelantikan 148 PPDP Kabupaten Bolsel pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang dilakukan secara daring dengan mengunakan aplikasi zoom Cloud meeting.

“Pelantikan berjalan hikmat dan mampu di ikuti oleh seluruh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP),” kata Jay.

KPU Bolsel mengikuti Apel Akbar Coklit Pemuktahiran Data Pemilih se-Sulawesi Utara

 

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengikuti apel akbar seluruh KPU se-Sulawesi utara. Pada apel tersebut dihadiri komisioner Republik Indonesia, Ilham Saputra, selaku koordinator devisi SDM Parmas dan dibuka oleh komisioner KPU Sulut, Dr. Ardiles M. R. Mewoh.

“Apel Akbar ini bertujuan untuk meninjau dan melihat langsung persiapan PPDP dan jajaran adhoc KPU Kabupaten se-sulut baik PPK tingkat kecamatan serta PPS tingkat desa,” jelasnya.

Pada apel akbar ini juga membahas kesiapan PPDP baik secara administratif serta kelengkapan APD dan APK yang diperlukan oleh PPDP.

PPDP dalam melakukan proses coklit data pemilih di lapangan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 serta dilengkapi APD berupa Pensil, Masker, Handsenitaizer, Ban Lengan, Topi dan APK untuk menunjang kenerja mereka.

“Untuk pemuktahiran data pemilih sesuai tahapan PKPU nomor 5 tahun 2020. Dan pelaksanaan coklit akan laksanakan dari tanggal 15 juli hingga 13 agustus,” tuturnya.

Ia menambahkan, KPU Kabupaten Bolsel mulai tanggal 18 juli PPDP akan melakukan proses coklit data langsung ke rumah warga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta di lakukan luar rumah pemilih.

Coklit ini untuk mencocokkan data pemilih antara yang di data dp 4 (Daftar penduduk pontesial pemilih pemilihan) yang diberikan kemendagri kepada dinas capil kemudian diberikan kepada KPU Bolsel untuk dilakukan pencocokan.

“Dari hasil coklit ini kami akan mengeluarkan Daftar Pemilihan Sementara (DPS) yang nantinya data tersebut diumumkan di media sosial KPU dan di tempel pada papan informasi disetiap kecamatan, desa guna mendapatkan tanggapan dari masyarakat,” pungkas Jay Bumulo.

Rudi

Leave A Reply

Your email address will not be published.