Tingkatkan Produksi Sapi Unggul, Dispertanak Kotamobagu Akan Lakukan Inseminasi Buatan

0

KOTAMOBAGU– Pemerintah Kota Kotamobagu terus mendorong peningkatan produksi ternak sapi unggul ditiap Desa dan Kelurahan di Kotamobagu. Salah satunya dengan melakukan Inseminasi Buata (IB) atau kawin suntik. Hal ini sebagaimana dikatakan Kepla Bidang Peternakan, Dinas Perikanan, Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu, Samsul Hidayat Lasena, Selasa (07/07/2020).

“Pelaksanaan IB atau kawin suntik ini akan kembali dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2020 atau paling lambat awal bulan,” ungkap Samsul

Inseminasi buatan atau IB ini merupakan program lanjutan dari Sikomandan atau Sapi Kerbau Komunitas Andalan Negeri yang sudah dilakukan pihaknya beberapa waktu lalu di beberapa Desa dan Kelurahan di Kotamobagu.

“Inseminasi buatan ini akan dilaksanakan di desa/kelurahan yang memiliki populasi dominan di Kotamobagu,” ujar mantan Lurah Kelurahan Genggulang ini.

Untuk Kotamobagu sendiri kata dia, target inseminasi buatan yang merupakan target provinsi adalah 60 akseptor atau 60 ekor. “Tapi kalau lebih juga tidak apa-apa,” pungkasnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.