Hadiri Harganas Ke-27, Iskandar Kamaru Ingatkan Pentinnya Peran Orang Tua Bagi Perkembangan Anak

0

BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), melalui Dinas Pengedalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPP3A), menggelar acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVII, bertempat lantai tiga kantor Bupati, Senin (29/6/2020).

Kegiatan tersebut mengusung tema “BKKBN Baru Dengan Cara Baru Dan Dengan Semangat Baru Hadir Dalam Keluargamu,” dihadiri Bupati Bolsel, Hi. Iskandar Kamaru S,Pt dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Sekretaris Daerah Marzanzius Arvan Ohy S.STP, Para Asisten, Pimpinan OPD, TNI, POlRI, Forkimpinda, Organisasi masyarakat.

Bupati dalam sambutannya mengatakan melalui kegiatan pemerintah ingin mengingatkan kembali semangat kolektif akan pentingnya keluarga dalam tatanan keluarga di kehidupan sehari-hari.

“Keluarga merupakan pondasi dalam sebuah kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam menjaga nilai institusi negara dan keluarga maka peran orang tua terhadap anak sangat diperlukan dalam pertembuhan dan pertambangan anak,” kata Iskandar.

Momentum peringatan Harganas hari ini, ia memberikan semangat dan motivasi pada semua tentang peningkatan peran keluarga diantaranya fungsi Agama, Fungsi Sosial Budaya, Cinta Kasih, Perlingdungan, Reproduksi, Ekonomi, Pendidikan dan Sosialisasi dan pelastrian Lingkungan.

“Saat ini pemkab melakukan beberapa upaya guna menimalisir kesenjangan sosial dan keluarga melalui program BKKBN,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Pemkab dalam melakukan pendekatan kepada keluarga mengunakan empat konsep diantaranya :

1. Keluarga berkumpul yaitu meluangkan waktu tanpa disibukan dengan gawai (Gadget) televisi atau alat elektronik.
2. Keluarga berinteraksi dengan meluangkan waktu dan saling bercengkrama serta saling tukar pengalaman dengan komunikasi yang lebih berkualitas.
3. Keluarga budaya dimana keluarga mampu memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk membuat dirinya dan keluarga tidak bergantung pada pihak lain.
5. Keluarga peduli dan berbgai, dimana keluarga yang mampu dan lebih beruntung mempunyai kepedulian dan keinginan untuk berbagi dan menolong orang lain.

Rudi

Leave A Reply

Your email address will not be published.