Perangkat Desa se-Kotamobagu Dilatih Menggunakan Aplikasi Pelaporan Covid-19 dan Stunting

0

KOTAMOBAGU– Seluruh perangkat Desa se Kota Kotamobagu mulai mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi Desa Melawan Covid (e-DMC). Pelatihan tersebut dilaksanakan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Selasa (23/06/2020).

Kepala DPMD Kotamobagu Usmar Mamonto mengatakan, pelatihan itu dilaksanakan dalam dua tahap, dimana tahap pertama pelatihan penggunaan e-DMC dan tahap kedua pelatihan pelaporan dan pencegahan stunting menggunakan aplikasi human development worker (eHDW) pesertanya dari Kader Pembanguanan Manusia.

Kepala Dinas PMD, Usmar Mamonto mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan bertujuan agar perangkat desa bisa melakukan pelaporan penanganan covid 19, sehingga data di desa bisa terupdate dan bisa diketahui oleh Kementerian Desa.

“Melalui aplikasi ini semuanya bisa diinput termasuk penggunaan Dana Desa, Padat Karya Tunai, serta perkembangan covid 19 di Desa,” jelasnya

Kata Usmar, pelatihan ini juga merupakan tindak lanjut dari pelatihan penanganan covid 19 yang sempat diikuti oleh Kepala Bidang dan Pendamping Desa.

“Sesudah itu direalisasikan oleh pemegang aplikasi desa,” pungkasnya

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.