Bisnis Pembibitan Tanaman Pertanian di Kotamobagu Menjanjikan

0

KOTAMOBAGU– Bisnis pembibitan tanaman pertanian di Kota Kotamobagu rupanya cukup menjanjikan. Salah satunya lokasi pembibitan sejumlah komoditi yang berada di Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur milik Yonce Mamangkey (62).

Yonce adalah pelaku usaha pembibitan komoditi tanaman pertanian yang sudah puluhan tahun Ia garap, bisnis pembibitannya cukup laris dan tersebar di mana-mana.

Ada beragam komiditi yang di kembangkan oleh pak oce sapaan akrabnya, diantaranya, bibit Cengkeh, Kakao, Kopi, kemiri, Kakao dan dan sayur-sayuran.

“Ada juga dari provinsi yang memesan bibit disini. Jadi setiap kegiatan pengembangan pertanian di BMR, maka dari provinsi sudah melakukan pemesanan bibit disini dengan skala besar,” kata Oce, saat disambangi di tempat pembibitannya, Senin (08/06/2020).

Pak Oce yang juga pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Perkebunan Bolmong ini mengungkapkan, ada beberapa daerah yang memesan ribuan bahkan ratusan ribu bibit disni.

“Sudah ada beberapa desa yang memesan bibit disini, lewat danan desa. Disalurkan di Dua Kabupaten, yaitu Bolmong Induk dan Bolaang Mongondow utara (Bolmut),” ungkapnya

Peneyedian bibit tanaman ini sangat berpotensi, terutama dalam mendorong sektor pertanian yang ada di BMR. Ratusan ribu bibit kini Ia siapkan untuk memenuhi permintaan petani.

“Paling banyak itu saya membuat 400 ribu bibit cengkeh, nah saat ini ada sekitar 250 ribu bibit kakao yang sedang digarap,” pungkasnya

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kota Kotamobagu melalui Kepala Bidang Perkebunan, Tanaman Pangan Ramjan Mokoginta mengatakan, Pemkot terus mendorong petani agar terus menggarap sektor oertanian di kotakobagu.

“Salah satunya dengan memberikan bantuan serta penyuluhan dan pendampingan bagi para petani agar terus menggarap dan mengrmbangkan sektor pertanian yang ada di kotamobagu,” tambahnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.