Capaian dan Prestasi Kota Kotamobagu di HUT Ke-13

0

KOTAMOBAGU– Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hari ini 23 Mei 2020 menginjak usia ke 13 Tahun. Selama itu, Kota yang dikenal sebagai Kota Model Jasa ini rupanya banyak membuat perubahan, pembangunan serta meraih berbagai prestasi.

Berdasarkan ringkasan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah tahun anggaran 2019, Kota kotamobagu terus membaik. Mulai dari kondisi ekonomi, indeks pembangunan manusia, angka kemiskinan  yang terus menurun hingga 5,71% dari jumlah penduduk kotamobagu, serta angka pengangguran yang juga munurun. .

Dalam pemerintahan Wali Kota Ir Hj Tatong Bara dan Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan SH (TBNK), Kotamobagu mengusung tema sebagai visi, misi, tujuan dan sasaran yakni “KOTA KOTAMOBAGU SEBAGAI KOTA JASA DAN PERDAGANGAN BERBASIS KEBUDAYAAN LOKAL MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA DAN BERDAYA SAING”

Pembangunan Mesjid Agung Baitul Makmur (MABM) Kotamobagu.
  • Dalam upaya untuk mencapai visi pembangunan di atas, maka ada 3 (tiga) misi pembangunan Kota Kotamobagu Periode 2018-2023, yaitu:
  1. Meningkatkan kualitas Kesejahteraan masyarakat berbasis modal sosial melalui pemberdayaan masyarakat;
  2. Meningkatkan Daya Saing daerah secara berkelanjutan dengan inovasi dan kreatifitas yang berbasis potensi ekonomi daerah dan berwawasan lingkungan;
  3. Meningkatkan Pelayanan Publik yang berbasis kebutuhan masyarakat dengan pendekatan data riil, didukung teknologi informasi dan tata kelola yang baik.
  • Dengan merujuk pada strategi dan arah kebijakan pembangunan daerah, pemerintah Kota Kotamobagu kemudian merumuskan tema pembangunan daerah dalam 5 (lima) tahun yaitu:
  1. meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan data dan informasi;
  2. meningkatkan daya saing melalui pendekatan data dan informasi;
  3. meningkatkan pelayanan public melalui pendekatan data dan informasi;
  4. memantapkan kualitas hasil evaluasi pembangunan;
  5. memantapkan kinerja kota jasa dan perdagangan berbasis kebudayaan local.
Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kotamobagu
  • Berdasarkan tema pembangunan diatas kemudian dirumuskan Prioritas pembangunan daerah yang akan menghasilkan rencana pembangunan yang konkrit dalam bentuk program prioritas. Prioritas pembangunan kotamobagu yang ditetapkan adalah:
  1. Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi
  2. Peningkatan Infrastruktur, Pariwisata, Kebudayaan dan Daya Saing Investasi
  3. Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Kesehatan
  4. Penanggulangan kemiskinan dan Pengangguran
  5. Peningkatan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat
  6. Reformasi Birokrasi

Kemudian capaian kinerja pelayanan dasar baik dibidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, sosial dan bencana daerah, menunjukan persentase  yang sangat baik.

Kotamobagu juga pada 2019 banyak membuat berbagai inovasi dibidang teknologi. Diantaranya, Sipelkan Cepatu (Sistem Pelayanan Akte Kematian Cepat dan Tepat Waktu) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Si Petarung (Sistem Perencanaan Tata Ruang) Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Sikemas (Sistem Informasi Keluhan Masyarakat) Dinas Komunikasi dan Informatika dan masih banyak lagi inovasi lainnya.

penghargaan Adipira tahun 2019

Dalam beberapa tahun terakhir, Kotamobagu juga banyak memboyong penghargaan baik tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi maupun Nasional. Diantaranya,

  1. Penghargaan Adipura Tingkat Nasional Tahun 2019;
  2. Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2019;
  3. BKN Regional XI Award Tahun 2019;
  4. Penghargaan Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori “Baik” Tahun 2019 (UPTD RSUD);
  5. Penghargaan Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori “Baik” Tahun 2019 (Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu);
  6. Penghargaan Kota Layak Anak Tahun 2019;
  7. Penghargaan Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2019;
  8. Penghargaan Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori “Sangat Baik” Tahun 2019 (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil);
  9. Penghargaan Puskesmas Pembina Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2019;
  10. Penghargaan Integrasi e-Planning dengan SIPD Tahun 2019.
Pemkot Raih Opini WTP Tahun 2020

Sedangkan untuk tahun 2020 ini, yang ke 7 kalinya kotamobagu meraih Opini WTP, serta mendapatkan Kota Terbaik pertama pada penghargaan Anugerah Sensanitasional Award 2020 Tingkat Sulawesi Utara dan sekaligus Kota Terbaik pertama Perencanaan Pembangunan Daerah tingkat Sulawesi Utara tahun 2020.

Ulang tahun Kota Kotamobagu yang ke 13 ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang dirayakan cukup meriah dengan berbagai kegiatan. Kali ini, tanpa upacara dan tanpa peringatan, karena pandemic Covid-19 yang megharuskan semua kegiatan pemerintahan dan kemasyarakatan ditiadakan guna mencegah penyebaran virus ini.

Namun, meski begitu, pemerintah tetap mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat untuk mengadakan dzikir di rumah masing-masing saraya berdoa dan meminta pertolongan dari Allah SWT di bulan sucu Ramadhan 1441 Hijiriah ini agar Kotamobagu terhindar dari wabah ini. (ADV)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.