Boltim

Gerak Cepat, Bupati Iskandar Kamaru Salurkan BLT Sebesar 600 Ribu

0

BOLSEL – Semenjak diumumkan pemerintah pusat awal maret lalu, wabah Corona Virus Disease (Covid-19) hingga saat ini telah melumpuhkan sendi kehidupan masyarakat Indonesia. Aturan kebijakan pemerintah mengakibatkan hampir seluruh kegiatan sosial dan perekonomian terhenti.

Penerapan social distancing dan physical distancing hingga penerapan pembatasan sosial berskala besar oleh sebagian provinsi tentu memiliki efek positif dan negatif bagi masyakarat dalam beraktivitas sehari-hari.

Kemunculan pendemi ini membuat Pemerintah Pusat sampai Kabupaten, Kota melakukan berbagai upaya untuk menghentikan penyebaran pandemik ke setiap daerah, jika tidak maka keadaan akan semakin memburuk terlebih pada perekonomian masyarakat. Terutama pada tingkat golongan ekonomi ke bawah.

Lain cerita dengan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan di tengah menghadapi Pendemi Virus Corona yang telah menimbulkan kepanikan bagi masyakarat, tetapi lewat tangan dingin Bupati Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt dan wakil Bupati Deddy Abdul Hamid selalu hadir di tengah- tengah masyarakat untuk sosialisasi bahaya dan pencegahan Covid-19 serta menyampaikan bantuan sosial bagi masyakarat terdampak wabah Virus Corona.

Terbukti Bupati Iskandar Kamaru beserta jajaran pemerintah Bolsel terus bergerak dalam memberikan bantuan sosial bagi masyakarat terdampak Virus Corona. Bantuan tahap pertama yang disalurkan beberapa waktu lalu bersumber dari anggaran daerah yang di geser untuk penanganan Covid-19.

Dan hari ini penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa untuk masyakarat berdasarkan surat edaran Pemda melalui Sekda Marzanzius A. Ohy, S.STP Nomor : 100TDA/IV/2020 Tentang Petunjuk Teknis Perhitungan dan Pendataan Keluarga Calon Penerima BLT DD. Kiterianya sebagai berikut kehilangan mata pencaharian, berpenyakit kronis/menahun, Non PKH, Non BPNT.

Penyerahan BLT-DD di mulai dari Desa Dudepo Barat, ini menjadi wujud kepedulian pemerintah pusat dan daerah kepada masyakarat tanpa terkecuali yang terkena wabah memastikan ini.

“Saya mengapresiasi kerja dari sangadi bersama staf kantor desa Dudepo, yang cepat melakukan pendataan dan validasi bagi penerima BLT DD ke kepada Dinas PMMD Bolsel” tuturnya.

Disebutkan, untuk penyaluran BLT DD tahap pertama ke 81 Desa se-Kabupaten Bolsel, dapat disalurkan juga pada minggu ini.

“Targetnya seminggu sebelum lebaran Idul Fitri bantuan sosial tahap kedua akan disalurkan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Bupati menambahkan bantun sosial baik itu dari pemda maupun pusat bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat karena tidak bisa beraktivitas lebih di tengah pendemi Virus Corona.

Rudi

Leave A Reply

Your email address will not be published.