Jelang Ramadhan, Permintaan Nanas Mongkonai Mulai Meningkat

0

KOTAMOBAGU– Meski Hari Raya Idul Fitri masih satu Bulan kedepan, namun beberapa warga, jauh-jauh hari sudah mempersiapkan berbagai keperluan Lebaran. Salah satunya adalah buah nanas yang biasa dijadikan selai untuk kue. Hal tersebut diungkapkan, Sumitro Limpaton (45), petani nanas, yang mengaku sejak beberapa hari terakhir, sudah banyak warga yang mulai membeli nanas untuk selai kue.

Warga Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu ini mengaku, permintaan nanas mulai meningkat jelang bulan ramadhan. “Ini juga sudah mulai orang beli nanas untuk buat kue. Kalau biasa sekitar seratusan lebih lah, tapi sekarang agak ditambah lah,” ungkapnya, Senin (13/04/2020).

Dikatakannya, kebiasaan warga membeli nanas jauh sebelum Lebaran tersebut dengan maksud mengantisipasi meningkatnya harga berbagai kebutuhan Lebaran termasuk nanas, menjelang lebaran. “Ya, mereka (pembuat kue) sudah beli jauh-jauh hari. Sekarangkan enak ada kulkas. Nanas yang sudah dibeli biasanya langsung diolah jadi selai kemudian disimpan,” terangnya.

Kendati mulai meningkatnya permintaan nanas, Ia mengaku belum mau menaikkan harga jual nanasnya. Menurutnya, sekarang ia masih menjual nanas dengan kisaran harga Rp4000 hingga Rp5000 per butir, tergantung ukuran nanas. “Kalau nanas pada bulan puasa, biasanya juga permintaannya meningkat,” ujarnya

Teripisah, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Perikanan Kotamobagu Ramjan Mokoginta mengungkapkan, nanas mongkonai paling banyak diburu warga sebab rasa dan kualitasnya terjamin.  “Nanas Mongkonai kan memang sudah dikenal, mulai rasanya manis dan buahnya yang besar, sehingga tidak heran banyak warga yang datang membeli nanas haail perkebunan mongkonai,” ungkapnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.