Pemerintah Italia Menghentikan Kompetisi Serie A Akibat Corona

0

Jakarta – Pemerintah Italia telah resmi menghentikan sementara seluruh pertandingan olahraga di Italia termasuk Serie A. Hal tersebut untuk meredam penyebaran virus corona di Italia.

Keputusan tersebut diambil pemerintah Italia setelah mendengar rekomendasi dari Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI) untuk menghadapi situasi genting di Italia akibat wabah virus corona.

Dilansiri dari Football Italia mengungkapkan sudah ada 463 korban covid-19 tersebut, dengan 9.172 orang positif terinfeksi. Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte pun mengumumkan dalam konferensi pers darurat pada Senin (9/3/2020) malam waktu setempat, bahwa pembatasan yang tadinya berlaku di area Lombardia dan beberapa wilayah utara, kini berlaku secara nasional.

“Kami melarang pertemuan-pertemuan publik. Kami juga punya langkah-langkah lebih tegas terkait ajang olahraga. Serie A dan semua turnamen secara umum ditangguhkan. Semua penggemar harus menerimanya. Tidak ada alasan untuk kompetisi ini tetap berjalan,” Ucap Conte.

Dengan demikian, Kompetisi sepak bola Serie A dipastikan berhenti berjalan hingah waktu yang belum ditentukan, sesuai durasi ketetapan pemerintah. Sebelumnya memang sudah ada tekanan dari Asosiasi Pemain dan FIGC untuk menghentikan sejenak kompetisi karena krisis ini, mengingat tak ada jaminan atas keamanan pemain, staf, dan para anggota keluarga mereka.

Sementara itu belum diketahui bagaimana pengaruh terhadap keputusan pemerintah Italia ini terhadap tim-tim yang tampil di kompetisi Eropa seperti Juventus, Napoli dan Atalanta bertanding di Liga Champions, sementara Inter Milan dan AS Roma berjuang di Liga Europa. (Alf)

Leave A Reply

Your email address will not be published.