Pj Wali Kota Bersama TIPD Gelar Rakor Terkait Pengendalian Inflasi di Kotamobagu

0

KOTAMOBAGU- Penjabat Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani kembali menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pemkot Kotamobagu.

Rakor yang berlangsung di ruang kerja Wali Kota Kotamobagu tersebut, dihadiri Sekda Kotamobagu Sofyan Mokoginta yang juga selaku Ketua TPID Pemkot Kotamobagu, para Asisten, sejumlah pimpinan OPD serta pihak BPS Kotamobagu.

Ditemui usai pelaksanaan rakor, Penjabat Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani mengatakan, rakor digelar dalam rangka menindaklanjut hasil evaluasi Kemendagri terkait kondisi terkini inflasi di Kota Kotamobagu.

“Hasil evaluasi Kemendagri bahwa inflasi di Kota Kotamobagu agak naik, makanya hari ini kami gelar rapat bersama TPID untuk memastikan langkah konkrit yang akan dilakukan pemerintah daerah dan instansi vertikal dalam mengendalikan inflasi, terutama di bulan Mei ini,” ujar Asripan.

Asripan menilai, harga sejumlah bahan dan komoditas saat ini masih terbilang relatif normal jika dibandingkan dengan harga di bulan Desember 2023.

“Misalnya harga beras dan cabai saat ini relatif normal jika dibanding bulan Desember lalu. Olehnya lewat mencari akar permasalahan kenapa inflasi naik dan itu sudah dibahas bersama dalam rakor tadi, langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mengintervensi hal tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Asripan juga meminta dinas-dinas terkait untuk selalu memonitor dan menganalisis pergerakan harga di pasar, serta melakukan tindakan-tindakan preventif dan korektif untuk mengendalikan inflasi.

“Untuk OPD terkait, selalu berkoordinasi dan pantau perkembangan harga di pasar-pasar tradisional, agar jika terjadi gejolak harga bisa diketahui apa penyebabnya, bahan atau komoditas apa yang naik untuk bisa kita intervensi lewat langkah-langkah yang tepat,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.